KPU DKI Targetkan Pekan Depan Surat Suara Selesai Dicetak

0
37

BEKASI, Limadetik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menargetkan cetak surat suara Pilkada DKI Jakarta periode 2017-2022 akan selesai pada 29 Maret 2017.

Menurut Ketua KPU DKI, Sumarno, percetakan surat suara tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, lanjutnya, pelipatan dan penyortiran tersebutlah yang memakan waktu.

“Selesai proses pencetakan packing pengepakan itu nanti tanggal 29 sudah selesai. Kalau nyetaknya sih enggak lama, yang lama packing segala macam karena harus dihitung enggak boleh lebih enggak boleh kurang jadi persis sama,” ujarnya di PT Gramedia Printing Group, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/3/2017).

Sumarno menjelaskan, usai melakukan percetakan yang ditargetkan akhir bulan ini, surat suara tersebut akan langsung dikirim ke KPU Kabupaten/Kota untuk dilakukan pelipatan.

“Setelah tanggal 29 Maret 2017 langsung dikirim ke Kabupaten/Kota lalu dilakukan pertama penghitungan, sortir, dan pelipatan. Kemudian dibagi sesuai wilayah kita distribusikan,” paparnya.

Namun percetakan tersebut sesuai dengan jumlah daftar pemilihan sementara (DPS) yang sudah ditentukan dan ditambah 2,5%. Sumarno mengaku apabila adanya tambahan jumlah pemilih, maka KPU DKI akan langsung berkoordinasi dengan PT Gramedia Printing Group.

“Nanti surat suara dikaretin per 25 lembar surat suara dan jumlah pemilihnya berapa. Tiap TPS dilebihkan 2,5% untuk kemungkinan pemilih salah coblos atau rusak,” tutupnya.

(rud)

loading...

LEAVE A REPLY