Tidak Lunasi BPIH, Puluhan Haji Asal Sumenep Dipastikan Gagal Berangkat

ilustrasi

SUMENEP, Limadetik.com – Setelah bertahun-tahun antri, Puluhan calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dipastikan gagal menunaikan ibadah haji tahun 2017. Pasalnya, mereka tidak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga batas yang ditetapkan.

Kepala Seksi Haji dan Umrah, Kantor Kementrian Agama Sumenep, Moh. Rifa’i Hasyim menjelaskan, dari 513 CJH yang dijadwalkan berangkat tahun ini, 31 orang tidak melunasi BPIH.

”Batas akhir pelunasan BPIH pada 5 Mei lalu. Ada 31 CJH yang tidak melakukan pelunasan, sehingga dipastikan tidak akan berangkat tahun ini,” kata Muh. Rifai Hasyim saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 10 Mei 2017.

Dari informasi yang diterimanya, sambung mantan Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma), mereka tidak melunasi BPIH karena berbagai faktor. Mulai faktor ingin berangkat bersama keluarganya yang mendaftar belakangan, ekonomi, dan ada pula yang meninggal dunia.

Beruntung mereka yang belum melunasi BPIH bukan berarti tidak punya kesempatan lagi untuk melaksanakan rukun Islam yang ke lima. Melainkan, hanya akan dilakukan penundaan dan akan menjadi daftar tunggu tahun 2018 nanti.

Sementara ketika disinggung, apakah CJH yang meninggal dunia bisa digantikan keluarga dekatnya, Hasyim memastikan tidak bisa digantikan kepada orang lain, termasuk istri atau anaknya.

”Mulai tahun ini tidak ada sistem pergantian calon jemaah haji. Kalau uangnya mau ditarik tidak apa-apa, dan jika mau digantikan pada yang lain harus daftar baru,” pungkasnya.

(Hoki/Rud)

LEAVE A REPLY