Jelang Ramadan, Harga Beras & Daging Ayam di Mojokerto Merangkak Naik

MOJOKERTO, Limadetik.com – Menjelang bulan suci Ramadan, satuan tugas (Satgas) pangan Polres Mojokerto, lakukan sidak harga sembako di pasar tradisional Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur, Senin (15/5). Dari pemeriksaan sejumlah pedagang di pasar tradisional Mojosari, harga kebutuhan pokok beberapa komoditi sudah mulai naik, namun secara umum masih stabil.

Tim satgas pangan, AKP Bambang Sujatmiko dari Kasat Binmas Polres Mojokerto, mengatakan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional masih stabil. Namun, beberapa komoditi sudah mulai naik.

“Beberapa komoditi, sudah mulai ada tanda tanda kenaikan, tapi masih bisa dijangkau masyarakat. Misalnya beras, sudah mulai naik sekitar Rp 200, termasuk harga daging ayam juga mulai naik,” kata AKP Bambang Sujatmiko, Senin (15/5).

Menurutnya, menjelang bulan suci Ramadan sudah biasa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Terutama komoditi paling banyak dibutuhkan masyarakat, seperti daging ayam, daging sapi, dan bumbu dapur.

“Kita terus koordinasi dengan Dinas Terkait, untuk memantau kenaikan harga sembako. Sehingga kenaikan harga yang tidak wajar bisa diantisipasi, dan tidak sampai meresahkan masyarakat,” ujar Bambang.

Pihaknya meminta para pedagang tidak melakukan permainan harga hingga melakukan penimbunan kebutuhan pokok. Terutama saat masyarakat membutuhkan menjelang bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

“Sesuai Undang Undang No. 18 tahun 2012, tentang pangan, Undang Undang No. 7 tahun 2014 tentang perdagangan, pedagang yang terbukti melanggar aturan, bisa ditindak tegas,” jelas Bambang.

Menurut Yuliana, salah seorang pedagang, menyebut ada kemungkinan harga beras terus mengalami kenaikan ke depannya. “Harga beras jenis bramu, sekarang ini harganya Rp 11.000 per Kg, beras jenis bengawan (IR 64), harganya berkisar Rp 8.500 per kilogramnya,” ujar Yuliana.

Sementara harga sayur, dan bumbu dapur, masih relative stabil. Belum ada kenaikan harga yang signifikan seperti sebelumnya. Sedangkan pasokan dari para pengepul, juga tidak ada kelangkaan.

Adapun harga sembako saat ini, tercatat untuk telor Rp 21.000 per kg, bawang merah berkisar Rp 12.000 per Kg, harga bawang putih Rp 38.000 per Kg, cabai kecil Rp 47.000 per Kg, cabai besar Rp 35.000 per Kg, kentang Rp 13.000 per Kg dan tomat Rp 8.000 per Kg.

Beda dengan daging ayam mulai naik sekitar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per Kg. Meskipun mengalami kenaikan, pasokan dari peternak masih melimpah.

“Sebelumnya daging ayam Rp 28.000 per Kg, sekarang naik menjadi Rp 30.000 per Kg. Bisanya naik tinggi satu hari menjelang bulan ramadhan, dan menjelang hari raya Idul Fitri,” terang Siti Alifah, pedagang daging ayam di pasar tradisional Mojosari.

[rd]

LEAVE A REPLY