Ketua DPRD: Puskesmas Kepulauan Sumenep Butuh Dokter Specialis

SUMENEP, Limadetik.com – Puskesmas Arjasa Pulau Kangean Sumenep, Jawa Timur membutuhkan dokter specialis. Pasalnya, pelayanan kesehatan bagi masyarakat di tiga Kecamatan Arjasa, Kangayan, dan Sapeken sepertinya kurang maksimal.

“Karena selama ini, banyak pasien bedah sesar terpaksa dirujuk ke RSUD Sumenep karena tidak adanya dokter spesialis yang ditugaskan di wilayah itu,”kata Ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma, Selasa (17/5/2017).

Hal tersebut terungkap dari inspeksi mendadak (sidak) Pimpinan Komisi dan DPRD ke Puskesmas Arjasa beberapa hari lalu.

“Berdasarkan hasil sidak yang kami lakukan ke Puskesmas Arjasa memang dari sisi sarana dan fasilitas kesehatan dinilai reprsentatif, sebab Di tahun 2016 Pemkab telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1, 8 Miliar untuk pembangunan gedung dan alat kesehatan Puskesmas Arjasa,”jelasnya.

Namun, Pusat pelayanan kesehatan primer itu tidak diimbangi dengan tenaga medis yang memadahi terutama dokter speasialis, sehingga alat kesehatan yang ada tidak dimanfaatkan secara maksimal.

“Berdasarkan informasi masyarakar, banyak pasien tidak dapat dilayani di Puskesmas karena tidak adanya tenaga dokter spesialis,”tukasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Puskesmas Arjasa, Daeng Musaid mengakui jika keberadaan tenaga dokter spesialis terutama bedah kandungan sangat dibutuhkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Kengean dan Sapeken.

“Saat ini, tenaga dokter di Puskesmas Arjasa ada tiga orang, yaitu satu dokter gigi dan dua dokter umum, sedangkan dokter spesialis belum ada meskipun sebelumnya kami sudah mengajukan ke Dinas Kesehatan,”jelasnya.

(Hoki/toni)

LEAVE A REPLY