Presiden Jokowi Bertemu dengan Pimred Media

JAKARTA, Limadetik.com – Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah pimpinan redaksi dari berbagai media massa nasional di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Presiden menerangkan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk menggerakan ekonomi daerah.

Presiden mencontohkan pentingnya memberikan tempat buat kapal-kapal ukuran sedang bersandar di pelabuhan yang ada di Tanah Air. Menurut dia, itu akan memancing datangnya pedagang ke Indonesia.

Kedatangannya itu, kata dia, tentu untuk membeli barang-barang seperti rempah-rempah dalam jumlah yang besar. Sebab, barang yang dulu tidak bisa terkirim dengan baik, sekarang bisa secara rutin.

“Hal seperti ini yang perlu dibaca infrastruktur apapun itu bisa menggerakkan ekonomi daerah,” kata Presiden saat bertemu Pemred di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Selain itu, kata dia, Petani juga bisa menjual produknya dengan schedule dan rutinitas yang berakumulasi. Contohnya, lanjut dia, paling ekstrim adalah trans Papua.

Trans Papua yang dibangun di Wamena, Nduga, Agas, Mamuju, itu akan membuat harga-harga di daerah pegunungan akan menurun. Apalagi, truk yang mengangkut barang tersebut sudah bisa lewat di jalur trans Papua.

Menurut dia, jalan tersebut tidak panjang atau hanya 287 kilo meter. Namun, medannya sangat berat sekali. Jalan tersebut juga, kata dia, sangat tinggi karena berada di atas gunung dan memiliki turunan dan naikan yang cukup curam.

“Saya kira seperti itu harus diketahui rakyat, pembangunan infrastruktur itu hal yang basic sekali dan semua negara semua mengerjakan hal yang sama dengan apa yg kita kerjakan,” ucap dia.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah menyampaikan kepada menterinya untuk tak ingin kehilangan fokus dalam mengerjakan berbagai proyek infrastruktur. Sehingga konsentrasi anggaran memang berada pada infrastruktur itu.

(rd)

LEAVE A REPLY