Calon Taruna dan Taruni Akmil Masuki Proses Seleksi

SURABAYA, Limadetik.com – Proses seleksi calon Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil) di Makodam V/Brawijaya mulai bergulir. Setelah melewati proses sosialisasi dan pendaftaran di tingkat Korem. Kali ini, Taruna dan Taruni Akmil tersebut mulai memasuki tahap sidang yang digelar di gedung Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya. Kamis, 18 Mei 2017 siang.

Brigjen TNI Agus Suhardi mengatakan, seperti penerimaan Calon Taruna sebelumnya, kegiatan akhir dari seleksi pengecekan awal administrasi, Kesehatan dan Jasmani akan dihadapi oleh para Taruna dan Taruni Akmil itu.

“Dari pengecekan awal tersebut telah diperoleh calon yang memenuhi syarat untuk mengikuti Tes Psykologi. Sebelum mengikuti uji tingkat pusat di Magelang, para Calon Taruna dan Taruni nantinya akan mengikuti uji tes lainnya di Rindam V/Brawijaya,” kata Kasdam mewakili sambutan dari Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko.

Ia menuturkan, seleksi penerimaan prajurit, khususnya penerimaan Calon Taruna dan Taruni dalam sistem pembinaan TNI-AD, merupakan bagian yang sangat penting bagi pembinaan dan penggunaan kekuatan satuan jajaran TNI.

“Kegiatan rekruitmen calon Taruna dan Taruni ini merupakan kegiatan yang sangat menentukan dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh serta berpedoman pada norma-norma yang telah ditentukan,” jelasnya.

Selain itu, tutur Kasdam, proses seleksi yang ketat dan panjang dalam seleksi Taruna dan Taruni tersebut, juga harus dilakukan dengan penuh pengawasan yang ketat. “Hal ini sangat penting, mengingat dipenghujung kegiatan seleksi ini, kita harus memperoleh calon-calon Taruna dan Taruni yang berkualitas,” tegasnya.

Ia berharap, selama proses berjalannya seleksi kali ini, para peserta sidang bisa menjalankan tugas sesuai kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI-AD. “Oleh karena itu, pelaksanaan sidang yang sedang berjalan ini, harus kita laksanakan dengan seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya,” pinta Kasdam.

 

[Pendam Brawijaya/Toni]

LEAVE A REPLY