Kapolres Sumenep Akui Kapal Patroli Satpolair Terbatas

SUMENEP, Limadetik.com – Kabupaten Sumenep, sebagai daerah yang memiliki Pulau terbanyak di Provinsi Jawa Timur. Sehingga, membutuhkan sarana transportasi laut yang bisa menjangkau wilayah hukum Polres setempat.

Namun, Kapolres Sumenep, AKBP Joseph Ananta Pinora mengakui pihaknya tidak bisa menjangkau semua perairan yang menjadi tanggung jawabnya. Hal itu disebabkan tidak adanya fasilitas yang mampu menempuh semua perairan Sumenep.

“Jangkauan patroli laut yang dilakukan satuan polisi air (Satpolair) selama ini terbatas. Sebab sampai sekarang kapal yang dimiliki Polair tak mampu berlayar jauh,” terang Kapolres Sumenep, AKBP Joseph Ananta Pinora, Senin (22/5/2017).

Saat ini yang dimiliki Satpolair Polres Sumenep kapal tipe 3C. Kapal itu tidak memiliki kemampuan jika harus berlayar dari Kalianget sampai ke Masalembu.

“Kapal 3C tersebut hanya mampu berlayar dari Kalianget ke wilayah perairan Sepudi,” ucapnya.

Sebenarnya, sambung Pinora, Sumenep perlu memiliki kapal yang kelasnya di atas 3C. Supaya mampu melakukan patroli perairan sampai di wilayah kepulauan terluar Sumenep, yaitu Pulau Masalembu yang berada di wilayah utara wisata Pantai Lombang.

(Hoki/Rud)

LEAVE A REPLY