Anggota Kodim Bangkalan Terus Bangun Jamban Untuk Warga

BANGKALAN, Limadetik.com – Kodim 0829 Bangkan, Madura, Jawa Timur, terus melangsungkan realisasi program jambanisasi, kegiatan pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu, Jum’at (27/5/2017).

Seperti yang dilakukan Babinsa Serda Sunarko dari Kormil 0829/01 Kota di bawah kepemimpinan Danramil Kapten Inf Muhadi untuk membantu bangun jamban di rumah Bapak Tohir warga Desa Kraton Kacamatan Bangkalan. Sedangkan  Babinsa Sanggrah Agung Kopda Domy dari Koramil 0829/02 Socah di bawah kepepimpinan Danramil Kapten Kav Imam Ghazali membantu pembuatan jamban di rumah Samhaji warga Desa Sanggrah Agung Kecamatan Socah Bangkalan.

Untuk Babinsa Serka Moh. Mawi dari Koramil 0829/05 Kwanyar di bawah kepepimpinan Danramil Kapten Inf Markuwat membantu pembuatan jamban untuk warga Desa Kwanyar Barat Kecamatan Socah Bangkalan.  Begitu juga yang dilakukan Babinsa Serma Irfan dari Koramil 0829/13 Arosbaya di bawah kepepimpinan Danramil Kapten Inf M Heriyanto membantu pembuatan jamban untuk warga Desa Tengket Kecamatan Arosbaya Bangkalan.

Babinsa Serma Irfan dari Koramil 0829/18 Kokop di bawah kepepimpinan Danramil Kapten Czi Iriyanto membantu pembuatan jamban untuk warga Desa Katol Timur Kecamatan Kokop Bangkalan.

Menurut Komandan Distrik Militer (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., mengatakan, Program Jambanisasi yang dilaksanakan oleh Kodim 0829/Bangkalan, merupakan tindak lanjut dari program 1 juta jamban yang dicanangkan TNI AD.

“Hingga kini, jamban yang sudah dibangun mencapai ratusan unit. Proses pembangunan jamban ini akan terus diupayakan berjalan secara bertahap hingga mencapai target seperti diharapkan,” lanjutnya.

Menurut Dandim, pembangunan jamban ini merupakan bentuk kepedulian TNI membantu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Dengan ketersediaan jamban yang baik, masyarakat dapat mengembangkan pola hidup bersih dan sehat. Karena itu, kami berharap apa yang dilakukan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” timpalnya.

Pembangunan jamban yang sedang dilakukan Kodim 0829/Bangkalan, ada 302 unit jamban di tiap-tiap Koramil dengan gotong royong dibantu masyarakat, yang tersebar di 18 kecamatan seluruh wilayah Kabupaten Bangkalan.

Dandim menyebutkan, 150 jamban yang dibangun tersebut merupakan bantuan tahap awal. Sebab, ada sekitar 6.000 keluarga di Bangkalan belum memiliki jamban yang representatif.

“Kami juga menyampaikan dan mengajak kepada instansi Pemerintah/swasta/pengusaha untuk ikut andil dan berkontribusi bersedia membantu anggaran pembuatan jamban. Kami juga berharap peran serta swasta atau perusahaan membantu program jambanisasi tersebut,” kata Letkol Sunardi Istanto.

 

[Pendam/Ton]

LEAVE A REPLY