Mengawali Bulan Suci Ramadhan, Relawan Pamekasan Berbagi Kasih kepada Janda Lumpuh

PAMEKASAN, Limadetik.com – Di awal pembuka puasa bulan suci ramadhan yang ke 1438 ini, Sabtu (27/5/2017), sejumlah relawan di Pamekasan memulai berbagi kasih dan peduli pada kaum yang patut dikasihani.

Bersama 7 relawan, berbekal niat membantu, berkunjung ke gubuk sederhana milik Ibu Zainul (73) janda tua lumpuh bersama putri tunggalnya, Zaitun (28) dengan kondisi cacat yang juga janda beserta putri kecilnya, Maisaroh, di dusun Soloh Laok, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu menyambung hidup dengan mengandalkan belas kasihan tetangganya.

Setibanya di kediaman ibu itu sekitar jam 16.55,  ia dalam kondisi sakit, hati ini terasa sedih, melihatnya (ibu Zainul) masih bersemangat menunaikan ibadah puasa. Padahal, ia sudah satu minggu sakit sebagaimana tuturnya dengan terbata-bata.

“Ampon samingguh, kaule tak bisa jhegeh pak, (sudh satu minggu saya tidak bisa bangun pak), katanya dengan bahasa Madura, dengan kondisi serak-serak suaranya.

Meski begitu, janda satu anak itu tetap mengutamakan ibadah puasa yang baru pertama kalinya dilaksanakan oleh seluruh Ummat Islam di dunia.

Ia beralasan, keutamaan berpuasa di bulan ramadhan ini menjadi kewajiban, jika masih mampu dijalankan, dirinya tetap ingin melaksanakan meski sakit sekalipun.

Bertempat tinggal di rumah berukuran 4×6 meter, bersama anak dan cucu kesayanganya, ia tetap bersemangat menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

Tim relawan menyarankan, agar ibu Zain sapaan akrabnya itu tidak berpuasa sebelum dirinya sehat, namun ia senang menjalankan ibadah puasa meski sakit, apalagi, mengingat dirinya yang sudah lanjut usia, ia tak akan menyiakan waktu tuanya sebelum ajal tiba.

“Kaule pon seppo pak, sera oning edepa’aqi ka omor bhegtoh apoasah, (saya sudah tua pak, siapa tahu, tiba waktu akhir saya di dunia dalam keadaan berpuasa ),” tambahnya saat disapa oleh salah satu relawan, Candra Kirana yang juga memberikan bantuan berupa satu kardus takjil kurma dan sebagaian berupa makanan khusus untuk berbuka puasa.

Semoga, di bulan suci yang berkah ini, semua ummat muslim dapat menjalankan puasa selama 1 bulan penuh untuk meraih kemenangan. Dan tim relawan mendoakan, Ibunda Zain tetap diberikan umur panjang dan hikmad menunaikan ibadah puasanya, serta terus mengalir uluran tangan-tangan hamba Tuhan kepadanya. Amiin

(Rif/Rud)

LEAVE A REPLY