Pemilihan Anggota BK DPRD Sumenep Berlangsung Alot

SUMENEP, Limadetik.com – Sidang Paripurna pemilihan anggota Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Jawa Timur, Senin (29/5/2017) berlangsung alot.

Sebab, sidang dengan jadwal pembacaan calon anggota BK yang dibacakan Pimpinan DPRD setempat mendapatkan hujan kritik dari anggota setelah pembacaan perwakilan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang awalnya, Abrori Mannan, kemudian ada pergantian secara mendadak kepada H Ruqi Abdillah. Adapun yang menjadi persoalan karena pergantian disampaikan melalui telepon, bukan secara tertulis.

“Barusan ketua Fraksi PKB menelpon saya, ada pergantian yang awalnya rekom jatuh kepada Abrori Mannan berubah ke H Ruqi Abdillah,” kata Ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma yang sekaligus Pemimpin sidang.

Seketika itu, sebelum masuk dalam pemilihan anggota BK dari rekom yang telah dibacakan, Fraksi Partai Demokrat menyampaikan kritik keras. Karena terkesan Ketua DPRD terkesan memaksakan diri untuk memasukkan anggota lain diluar rekomendasi secara tertulis.

“Pimpinan, jangan ajari kami melenceng dari peraturan yang ada.  Harusnya pimpinan menawarkan dulu kepada anggota, agar perubahan anggota dari fraksi bisa diketahui oleh anggota sidang yang hadir saat ini,” kata A Kurdi, anggota fransi Partai Demokrat.

Dari pantauan, perdebatan mulai memanas. Hingga awak media yang awalnya diperbolehkan melakukan peliputan di ruangan yang sama, akhirnya diminta untuk meninggalkan ruang graha paripurna.

Namun, tidak beralang lama, tampak Ketua, Wakil Ketua dan sebagian anggota DPRD keluar forum karena diketahui pelaksanaan sidang paripurna diskorsing.

(Hoki/Rud)

LEAVE A REPLY