Kurang Diminati, Pasar Bangkal Sumenep Bakal Dijadikan Pasar Semi Modern

SUMENEP, Limadetik.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan merubah Pasar Bangkal, di Kecamatan Kota dari pasar tradisional ke pasar semi modern. Pasalnya, pasar yang dibangun beberapa tahun silam, kurang diminati pengunjung.

Pasar tradisional kedua terbesar di Kecamatan Kota tersebut, sudah ada  investor yang siap melakukan kerja sama dengan pemerintah desa Bangkal. Karena, tanah itu marupakan tanah kas desa.

“Dengan konsep pasar semi modern, maka tidak ada lagi cerita kios pedagang posisinya di belakang, terjepit, atau apalah. Karena nanti semua akan diatur oleh investor, supaya pedagang bisa diuntungkan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Saiful Bahri, Rabu (31/05/2017).

Menurutnya, kerja sama pengelolaan Pasar Bangkal tersebut nantinya antara pemerintahan desa dan investor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya sebatas mendampingi untuk sebatas membantu desa.

“Seperti halnya penentuan kontribusi untuk pengelolalan pasar, pemkab akan mendampingi agar pihak desa jangan sampai dirugikan. Tetapi kerjasamanya tetap antara pemerintah desa dan investor, karena Pasar Bangkal itu dibangun di atas tanah kas desa,” jelasnya.

Namun,  tidak semua aset di Pasar Bangkal tersebut adalah milik desa. Sebagian masih ada aset pemerintah daerah yang saat ini tengah dilakukan pengukuran untuk penilaian aset.

“Setelah penilaian aset, maka akan dipindahtangankan. Aset pemerintah daerah di Pasar Bangkal itu meliputi semua bangunan di atas tanah kas desa,” tukasnya.

(hoki/rud)

LEAVE A REPLY