“TAK SELAMANYA SI HITAM ITU BURUK”

friska ayu putri lestari mahasiswi UNMU malang Fakultas Ilmu Kesehatan

Arang,Oleh : Friska Ayu Lestari Mahasiswi UNMUH Malang Fakultas Ilmu Kesehatan

Tahukah anda bahwa arang berguna bagi kesehatan manusia ? mungkin masih banyak di antara kita yang masih belum mengetahui bahwa arang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan masyarakat. Arang yang biasanya di gunakan untuk bahan membakar sate, sekarang sudah bertransformasi dengan banyak manfaat yang di kemas dalam bentuk produk yang lainnya. Salah satunya produk kecantikan yang kini menjadi daya tarik masyarakat umumnya para wanita.

Bahkan saat ini di berbagai negara seperti Jepang dan Indonesia sudah di kenal arang yang dikhususkan untuk di manfaatkan bagi kesehatan. Arang tersebut di kenal dengan istilah “Activated charcoal” atau arang yang sudah di aktifkan. Activated charcoal ini merupakan arang yang sudah melewati suatu proses tertentu yang menjadikannya sebagai arang murni. Untuk mengetahui manfaat lebih dalam, mari kita ulas secara detail manfaat dari arang murni atau activated charcoal.

“ Apa itu activated charcoal (arang murni) ? ”. Mungkin saat ini banyak produk-produk kecantikan dan kesehatan yang menggunakan activated charcoal sebagai bahan utamanya. Lalu, apa perbedaan arang biasa dan arang yang sudah di aktifasi ini ? keduanya sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja activated charcoal ini sudah melalui proses tertentu yang menjadikannya sebagai arang murni. Bahan pembuatan activated charcoal ini menggunakan arang biasa yang selanjutnya akan di proses dengan pemanasan yang mengguanakan gas sehingga menghasilkan arang yang memiliki struktur berongga dan menjadilah arang murni.

“ Bagaimana cara kerja activated charcoal (arang) ? “. Setelah mengetahui apa itu activated charcoal atau arang murni, selanjutnya akan di jelaskan juga mengenai manfaat dari activated charcoal. Ingat, yang di gunakan di sini adalah activated charcoal atau arang yang sudah di murnikan. Ini berarti bahwa tidak boleh menggunakan arang biasa yang belum melalui proses pemanasan atau proses lainnya untuk menjadi arang yang murni atau sudah aktif. Arang biasa juga mungkin masih mengandung unsur-unsur berbahaya yang bisa membahayakan bagi tubuh.

Diantara manfaat nya yaitu dapat mengobati keracunan, menyembuhkan gigitan binatang, untuk menyembuhkan atau menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit, meningkatkan energi di dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan karena baik untuk pencernaan, menyehatkan rambut, meningkatkan daya konsentrasi dan di gunakan sebagai detoks untuk anti penuaan. Bahkan pada akhir-akhir ini arang aktif ini di kabarkan dapat memutihkan gigi. Banyak perusahan kecantikan menjualkan produknya salah satunya activated charcoal ini untuk memutihkan gigi, bahkan sudah banyak orang yang menggunakan alternatif ini untuk memutihkan gigi di banding dengan harus memutihkan gigi dengan cara bleaching.

Walaupun yang di konsumsi dan di gunakan ini merupakan arang murni, tidak terdapat efek yang harus di perhatikan pada penggunaan activated charcoal ini khususnya untuk di konsumsi. Berikut hal-hal yang perlu di perhatikan mengenai activated charcoal yaitu menggunakan activated charcoal atau arang murni dengan cara di konsumsi terus menerus dapat mengakibatkan sembelit, sakit perut, mual, muntah, dan diare ; konsumi activated charcoal yang terus menerus juga dapat mengakibatkan warna gigi menjadi hitam, lidah menjadi warna hitam ; activated charcoal bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh jika activated dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan untuk mengobati konstipasis seperti sorbitol dan dapat mengurangi penyerapan obat-obatan seperti acetaminophen, aspirin,dll ; jangan mengkonsumsi activated charcoal sebagai suplement karena dapat mengurangi proses penyerapan nutrisi oleh tubuh.  

 

 

LEAVE A REPLY