Kandungan Citrus Limon Penurun Radang Tenggorokan

Aprisandy Dwinensevi, 201510420311106 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang.

LIMADETIK – RADANG tenggorokan adalah salah satu penyakit yang terjadi secara umum dan terjadi diseluruh dunia. Di indonesia umumnya penyakit radang tenggorokan ini terjadi pada saat pancaroba dan juga selama musim hujan terjadi. Setiap tahunnya diperkirakan ± 40 juta orang mengalami radang tenggorokan. Di Indonesia pada tahun 2004 dilaporkan bahwa kasus faringitis masuk ke dalam sepuluh besar kasus penyakit yang dirawat jalan dengan presentase jumlah penderita 1,5% atau sebanyak 2214.781 orang. Penyakit ini menyerang ketika daya tahan tubuh mulai menurun dan sering sekali terjadi pada anak-anak usia sekolah antara umur 5-15 tahun. Hal ini di karenakan anak-anak usia sekolah sering kali membeli makanan sembarang misalnya membeli ciki-ciki yang dapat menyebabkan iritasi pada dinding tenggorokan. Tidak hanya anak-anak, radang tenggorokan kadangkala terjadi pada orang dewasa yang diakibatkan karena terlalu kelelahan dalam bekerja membuat daya tahan tubuh seseorang mulai menurun dan mudah sekali terjangkit penyakit. Penularan radang tenggorokan sangat mudah melalui percikan ludah. Oleh karena itu, pencegahan bisa dilakukan dengan cara rajin mencuci tangan, memakai masker jika batuk, menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak menggunakan tempat makan dan minuman seperti sendok, garpu, atau sedotan bersamaan karena itu menghindari terjadinya penularan.

Selama ini penderita lebih berfokus menggunakan obat-obatan untuk menguragi nyeri saat radang tenggorokan, salah satunya paracetamol dan amoksisilin. Namun efek samping dari obat-obatan tersebut memang berpengaruh terhadap tubuh terutama ginjal yang akan bekerja keras menyaring zak kimia dalam tubuh yang akan berujung pada kerusakan ginjal yang dapat mempengaruhi kerusakan organ lainnya. Kurangnya pengetahuan dan perilaku hidup sehat juga menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit tenggorokan terutama faringitis atau biasa disebut dengan radang tenggorokan. Selama ini pengobatan yang dilakukan hanya berfokus pada terapi obat, sedangkan pengonsumsian obat radang ini dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh terutama pada ginjal. Saat ini sudah ada terobosan lain dalam mengurangi radang tenggorokan salah satunya dengan menggunakan pengobatan alternatif (obat herbal) yaitu Buah Lemon.

Kandungan gizi dan vitamin pada buah lemon lebih banyak dibandingkan buah jeruk lainnya. Kandungannya vitamin C lemon lebih tinggi dibandingkan jeruk nipis, yakni dapat mencapai 88% kebutuhan harian per 100 gram. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa buah lemon memiliki banyak manfaat yaitu sebagai antioksidan yang dapat menggangu aktivitas sel bakteri dan pertumbuhan bakteri menjadi terhambat serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Air perasan lemon menjadi obat mengurangi peradangan pada tenggorokan. Asam sitrat buah lemon selain memberi rasa asam pada lemon juga dapat menguraikan zat-zat seperti sulfat, fosfat, dan natrium yang berpotensi membentuk endapan batu ginjal. Selain itu, 1 jeruk lemon mengandung 17 kalori, 0,6 gram protein, 0,2 gram lemak dan 5.4 gram karbohidrat (termasuk gula dan serat).

Buah yang memiliki julukan citrus limon ini adalah salah satu jenis buah yang terkenal didunia. Buah ini memiliki bentuk bulat lonjong, berwarna kuning dan memiliki rasa asam yang kuat melebihi asamnya jeruk nipis. Walaupun memiliki rasa asam yang kuat, buah lemon sering digunakan sebagai bahan untuk memasak tetapi banyak sekali orang yang tidak mengetahui manfaat dari buah lemon. Manfaat buah lemon di antaranya menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung dikarenakan dapat melindungi pembuluh darah dari penimbunan kolesterol serta buah jeruk lemon memiliki banyak vitamin C yang dapat bekerja menangkal dan menetralisir radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari terjadinya penyakit kanker. Adapun penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi vitamin C yang cukup lebih jarang terkena asma dibandingan yang tidak mengonsumsi vitamin C dengan teratur. Selain itu, buah lemon mengandung serat makanan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu memperlambat pengosongan lambung sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan sesuai sekali untuk orang yang ingin menjalani program diet. Kandungan vitamin C buah lemon juga bermanfaat untuk meredakan rasa perih atau sakit di tenggorokan, panas dalam, sariawan, serta berbagai penyakit ringan seperti batuk dan pilek, membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit dan sering digunakan untuk mengatasi infeksi tenggorokan karena adanya senyawa antibakteri yang terdapat di buah lemon.

Buah lemon dapat diolah menjadi minuman yang dapat mengurangi radang tenggorokan salah satunya yaitu dengan cara campurkan air perasan jeruk lemon dengan air hangat kemudian tambahkan 1 sendok madu asli untuk rasa manisnya dan agar mengurangi rasa asamnya. Minum air lemon hangat yang dicampurkan madu selama 2-3 kali sehari untuk meringankan gejala. Walaupun lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan ini, tetapi rasa asam dari lemon dapat berdampak buruk bagi tubuh antara lain dapat menyebabkan sakit perut (mules), diare, dan tidak dianjurkan bagi penderita penyakit maag karena dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat akibatnya terasa nyeri pada ulu hati juga terasa mual muntah.

 

 

Oleh : Aprisandy Dwinensevi

Editor : Kartono

 

 

LEAVE A REPLY