Gus Ipu,Risma Hingga Khofifah Bersaing Ketat Elektabilitas nya Dalam Survei

SURABAYA,Limadetik.com – Pilkada Jawa Timur memang akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang,namun beberapa figur di jawa timur mulai dilirik oleh beberapa partai politik salah satu nya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan tegas dan mantap memastikan Gus Ipul sebagai jagoan yang akan diantarkan Partai Besutan Almarhum KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut.

Tri Rismaharini masih muncul sebagai calon gubernur Jawa Timur. Bahkan popularitas dan elektabilitasnya terpaut tipis satu point,dari Gus Ipul meski sebelum nya nama wali kota surabaya tersebut (Tri Rismaharini,red) belum dibahas dan terfikirkan PDIP selaku partai pengusung nya  pada pilkada 2015 lalu.

Hasil riset elektabilitas Lembaga Survei Regional (LSR) sejak November 2016 hingga Maret 2017 dari 30 ribu responden di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, nama Risma mengungguli elektabilitas Khofifah Indar Parawansah.

Elektabilitas Gus Ipul dalam riset tersebut mencapai 37 persen, Risma 34 persen, dan Khofifah 33 persen.

“Karena itu, pilkada Jatim bakal seru, karena belum ada calon yang elektabilitasnya mencapai lebih dari 50 persen,” kata Direktur LSR Mufti Mubarok,seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (2/6/2017).

Sementara untuk popularitas, Gus Ipul mencapai 86 persen. Gus Ipul unggul di delapan kabupaten/kota di Jatim. Di posisi kedua ada Walikota Surabaya Tri Rismaharini dengan popularitas 78 persen. Risma unggul di enam kabupaten/kota. Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa ada di posisi ketiga dengan popularitas 77 persen. Khofifah unggul di tujuh kabupaten/kota di Jatim.

Di bawah tiga nama itu ada nama Ketua DPRD Jawa Timur sekaligus Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar dan mantan Bupati Probolinggo, Hasan Aminudin.

Popularitas Abdul Halim Iskandar sebesar 26 persen, dan elektabilitasnya 9 persen.

Sementara popularitas Hasan Aminudin 21 persen dengan elektabilitas 11 persen. Keduanya masing-masing unggul hanya di tiga kabupaten dan kota.(YD)

LEAVE A REPLY