Pringgondani Menjadi Tempat Tujuan Mayoritas Presiden RI

indah nya pringgondani

KARANGANYAR, Limadetik.com – Memang sedikit aneh jika kita mendengar kata Pringgondani, namun tidak aneh lagi apabila Pringgondani bagi pemahaman masyarakat Jawa, khususnya yang berada di lereng Gunung Lawu. Untuk lebih dekat lagi agar sedikit memahami apa arti kata Pringgondani tersebut, guna memberikan sedikit pengetahuan, Limadetik.com mencoba berbagi pengalaman kepada para pembaca setia Limadetik.com yang tercepat dan terpercaya.

Pringgondani merupakan sebuah tempat pertapaan, maupun tempat spiritual bagi masyarakat Jawa yang berada di perbukitan Gunung Lawu. Pringgondani sendiri masuk dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Karanganyar, lebih tepatnya keberadaanya di Desa Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Keberadaan Pringgondani pun berada pada ketinggian 1300 Mdpl (Meter diatas permukaan air laut), yang masih berada di Gunung Lawu, Kabupaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Gunung Lawu sendiri dalam keluasanya terbagi dalam dua Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta  tiga Kabupaten Karanganyar (Jateng), Magetan (Jatim), Ngawi (Jatim).

Seperti judul diatas ‘ Pringgondani Menjadi Tempat Tujuan Mayoritas Presiden RI ‘ merupakan rangkuman yang berhasil dikemas Limadetik.com dari berbagai sumber. Dari mayoritas tempat tujuan penguasa RI, merupakan sebagian besar pimpinan (Presiden) Republik Indonesia yang pernah menginjakkan kakinya di tempat pertapaan Koconegoro (Kaca Negara) Pringgondani, sebagai salah satu tujuan sedikitnya untuk mencari petunjuk kepada sang Illahi dalam memperbaiki keadaan negara.

Dari sumber yang berhasil dirangkum Limadetik.com, dari sumber primavardhana.wordpress.com, disebutkan bahwa mayoritas Presiden RI yang tidak diragukan lagi dalam hal Kejawennya yakni Presiden RI 1 Soekarno, Presiden RI 2 Soeharto, Presiden RI 4 Abdurahman Wahid (Gus Dur), serta Presiden RI 6 Susilo Bambang Yudhoyono, disebutkan pernah menginjakkan kaki di pegunungan purba tersebut.

Akan tetapi apakah Presiden RI 7 Joko Widodo, yang merupakan kelahiran di Surakarta, Jawa Tengah, tidak pernah menyambangi Pringgondani yang memiliki tempat pertapaan yang mitosnya merupakan tempat petilasan dari Brawijaya V maupun Eyang Koconegoro.

Menurut sumber yang namanya tidak ingin disebutkan mengatakan, jika Presiden RI 7 Joko Widodo (Jokowi) juga suka dalam hal prihatin. Bahkan dalam menjalani prihatin, Presiden Jokowi memintanya untuk menemani berjalan tanpa berbicara.

“Dulu kalau beliau ingin menjalankan prihatin dengan berjalan kaki, beliau meminta saya untuk menemani. Saat itu ketika beliau menjadi Walikota Surakarta (Solo), ” terang, narasumber yang diketahui memiliki jabatan penting di Pemkot Surakarta (Solo) tersebut, ketika menceritakan kepada Limadetik.com.

Tempat pertapaan Pringgondani, Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, ini memiliki pemandangan indah yang alami. Bahkan dalam menuju tempat tersebut jalan setapak yang akan dilalui pun tidak sesulit yang dibayangkan, hal ini menandakan tempat wana wisata tersebut terjaga perawatannya untuk masyarakat umum. (DMTN/YD).

LEAVE A REPLY