Blokade Atas Qatar Erdogan Minta Dicabut dan Serukan UEA Bersatu

ISTAMBUL,Limadetik.com – Sudah beberapa minggu terakhir ini Arab Saudi serta beberapa negara Uni Emirat Atab (UEA) bersitegang dengan Qatar,dimana Arab Saudi melemparkan tuduhan terjadap Qatar sebagai negara pendukung terorisme walau semua nya dibantah oleh Qatar jika semia itu tidak lah benar.

Kini Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat malam (10/06)menyerukan untuk mencabut blokade tersebut terhadap Qatar, menegaskan kembali dukungan Turki untuk negara Arab tersebut.

“Saya memanggil para pemimpin dan warga negara-negara Teluk, tidak akan ada pemenang dalam pertarungan ini dan fitnah akan membawa kita ke mana-mana,” kata presiden saat makan malam di Istanbul.
Dia mendesak Arab Saudi untuk mengakhiri semua pembatasan di Qatar dan menyelesaikan perselisihan yang sedang berlangsung melalui perundingan.

Awal pekan ini, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan menjatuhkan sanksi atasnya atas tuduhan bahwa Doha mendukung terorisme. Aksi yang kemudian diikuti Libya, Yaman dan Maladewa.

Qatar telah menolak tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa hal itu “tidak dapat dibenarkan” dan “tidak berdasar.”

“Kami tidak akan meninggalkan saudara Qatar kami,” kata Erdogan. “Tidak ada hal seperti itu. Sampai sekarang saya belum melihat Qatar memberi dukungan pada teror.”

Pada hari Kamis malam, Erdogan meratifikasi dua kesepakatan untuk mengerahkan pasukan Turki ke Qatar setelah keputusan itu disahkan oleh parlemen Turki sehari sebelumnya. (ARN/YD)

LEAVE A REPLY