99 Warga Binaan Rutan Sumenep Diajukan Dapat Remisi

0
22

SUMENEP, Limadetik.com – Menjelang hari raya Idhul Fitri 1438, Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sumenep, Jawa Timur mengusulkan warga binaanya dapat remisi.

Kepala Rutan Sumenep, Ketut Harry Akbar menyatakan, sebanyak 99 warga binaannya dijukan dapat remisi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumham) RI.

“Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah dan juga bisa berkurang. Kini proses pengiriman data, karena untuk tahun ini pengusulan remisi melalui online. Jadi berkas – berkas discainer dulu, kemudian dikirim via online,”terang Ketut Akbar, Kamis (15/6/2017).

Dengan system online, maka akan lebih selektif untuk mendapatkan pengurangan hukuman. Apabila warga binaan yang diusulkan tidak memenuhi persyaratan, maka secara otomatis akan ditolak.

Dari 219 warga binaan yang ada, mereka terdiri 113 narapidana dan sisanya adalah tahanan. Sehingga yang berhak mendapatkan remisi hanyalah tahanan. Namun, tidak semua tahanan bisa diusulkan, tetapi harus menjalani masa hukuman minimal enam bulan lebih.

“Termasuk berkelakuan baik dan tidak ada pelanggaran selama menjalani masa hukuman,”tukasnya.

(Hoki/toni)

loading...

LEAVE A REPLY