Ditengah Krisis Dengan Saudi dan UEA, Qatar Justru Borong 36 Jet F-15

Ilustrasi

DOHA, Limadetik.com – Sekitar 36 jet F-15 dari AS akan segera dibeli oleh Qatar, penandatanganan kesepakatan pembelian itu terjadi di tengah krisis politik di Teluk, yang menyebabkannya diisolasi oleh negara-negara tetangganya dan dikritik oleh Presiden Donald Trump karena mendukung terorisme.

Menteri pertahanan Qatar akan bertemu dengan kepala Pentagon Jim Mattis pada hari Rabu untuk menutup kesepakatan tersebut, menurut orang-orang yang berbicara dengan syarat anonim karena penjualan tersebut belum diumumkan.

Kongres pada tahun lalu menyetujui penjualan hingga 72 F-15 dalam sebuah kesepakatan senilai $ 21 miliar. Tapi itu sebelum terjadi krisis politik terakhir di kawasan, yang telah menyebabkan tetangga Qatar termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengisolasi negara tersebut atas dukungannya terhadap kelompok teror dan Iran.

Trump telah memberi isyarat untuk mendukung langkah Arab Saudi dan sekutu-sekutunya, memuji hal itu sebagai upaya yang diperlukan untuk menghentikan pendanaan terorisme. Pada saat yang sama, Qatar menjadi tuan rumah pangkalan udara militer AS yang kritis dengan sekitar 11.000 personil yang digunakan untuk menargetkan ISIS.

“Selama perjalanan saya baru-baru ini ke Timur Tengah, saya menyatakan bahwa tidak akan ada lagi pendanaan Ideologi Radikal,” kata Trump di Twitter pada 6 Juni, dan menambahkan “Pemimpin menunjuk Qatar – lihat!”.

 

[tm]

LEAVE A REPLY