Jelang Lebaran, Jalur Sumenep – Jakarta Belum Ada Lonjakan Penumpang

0
27

SUMENEP, Limadetik.com – Menjelang hari raya Idhul Fitri 1438, jalur Sumenep – Jakarta belum ada lonjakan penumpang secara siknifikan.

“Hingga hari ini aroma lebaran sudah semakin dekat. Tapi jumlah penumpang Sumenep – Jakarta belum tampak adanya ada peningkatan,” kata tiketing PO Karina, Amal Hanafi saat ditemui di Terminal Arya Wiraraja Sumenep, Sabtu (17/6/2017).

Belajar pada tahun – tahun sebelumnya, sambung Amal, adanya lonjakan penumpang biasanya H – 7 Idhul Fitri.

“Sementara armada Bus yang kami berangkatkan setiap hari masih satu. Karena arusnya masih dari Jakarta. Dari Sumenep hanya mengembalikan saja, supaya imbang. Dan satu bus kapasitas penumpang 32 orang,”jelasnya.

Lima tahun terakhir, Jakarta menjadi kota tujuan pavorit warga Sumenep untuk mencari rizki. Mayoritas mereka menjaga toko sembako milik saudara ataupun warga Sumenep sendiri dengan sistem bagi hasil.

Sehingga, meskipun menjelang lebaran, sebagian warga tetap berangkat ke Jakarta karena pemilik toko mau lebaran di tanah kelahirannya. Biasanya, saat lebaran konsumen lebih ramai dibandingkan hari – hari biasa.

“Ketika menjelang lebaran kan banyak toko yang tutup, karena pemiliknya pada mudik. Kesempatan itu kami manfaatkan untuk tetap membuka toko meskipun harus rela tidak merayakan lebaran dengan keluarga di kampung,”kata Siti Runi (36) warga Sumenep yang berangkat ke Jakarta jelang lebaran.

(Hoki/toni)

loading...

LEAVE A REPLY