AS Lakukan Pencarian 7 Awak Kapal Perang yang Hilang usai Tabrakan

red: rudy

0
21

TOKYO, Limadetik.com – Tim pencarian dan penyelamatan Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu (18/6/2017) mulai sibuk mencari tujuh awak kapal perang hilang setelah kapal tersebut tabrakan dengan kapal kontainer Filipina di lepas pantai Jepang. Tujuh awak kapal yang hilang semuanya adalah pelaut AS.

Pejabat Armada 7 AS, Laksamana Joseph P Aucoin, mengatakan bahwa pencarian berlanjut setelah pernyataan militer AS dikeluarkan sekitar 24 jam setelah insiden.

Kapal perang USS Fitzgerald yang dipersenjatai rudal jelajah Aegis rusak parah usai bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Filipina, ASX Crystal, di area perairan yang berjarak 56 mil sebelah barat daya Yokosuka, Jepang.

”Ini adalah hari yang sulit bagi keluarga Angkatan Laut kita. Sulit membayangkan apa yang harus dialami awak kapal ini, tantangan yang harus mereka atasi,” kata Aucoin, yang dilansir Reuters.

Pencarian tujuh awak kapal perang AS melibatkan perahu angkatan udara AS dan Jepang serta sejumlah kapal. Komandan Kapal USS Fitzgerald, Bryce Benson, mengatakan, tiga awak kapal yang ditemukan selamat telah dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut AS.

Penyebab tabrakan hingga kini belum diketahui. ”Pikiran dan doa bersama pelaut USS Fitzgerald dan keluarga mereka. Terima kasih untuk sekutu Jepang kami atas bantuan mereka,” kata Presiden AS  Donald Trump melalui Twitter.

Kapal Fitzgerald mengalami kerusakan di sisi kanan, atas dan di bawah garis air.

Pihak kapal ASX Crystal siap bekerja sama dalam penyelidikan Coast Guard (Penjaga Pantai) Jepang terkait insiden ini. Kapal niaga Filipina dengan kapasitas 29.000 ton ini tabrakan dengan kapal perang AS yang berbobot 8.315 ton. (*)

loading...

LEAVE A REPLY