Oleng Tabrak Pembatas Bus Rosalia Indah Jatuh Kedalam Jurang

bus rosalia indah terperosok ke dalam jurang

Purbalingga,Limadetik.com – Keselamatan harus diutamakan dari segalanya saat diperjalanan apa lagi saat musim mudik seperti sekarang ini itu lah pesan yang selalu disampaikan oleh Menteri perhubungan,namun apa hendak dikata jika itu adalah apes atau naas nya setiap seseorang seperti yang terjadi pada sopir Bus Roslia.

Bus Rosalia Indah bernopol AD 1505 AU jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kecelakaan di Jalur Bayeman, Desa Tlahap Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Bus diketahui menabrak pembatas jalan sebelum akhirnya masuk parit sedalam 5 meter.

beberapa korban penumpang bus rosalia indah dapat perawatan

“Jadi begitu nabrak pembatas jalan, bus masuk parit atau pereng sedalam 5 meter yang dibawahnya jurang. Jadi masuk situ dulu lalu tertahan pohon-pohon,” kata Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan saat dihubungi detikcom, Sabtu (24/6/2017).

Sukarwan mengatakan, bus langsung terguling begitu menabrak pembatas jalan. Beruntung bus tertahan pohon-pohon dalam parit sebelum ke jurang.

“Begitu tabrak pal (pembatas jalan) langsung terguling, dibawah jurang yang ada lapangan, tertahan pohon,” ujarnya.

Dia menjelaskan,peristiwa yang terjadi pada Sabtu(24/6) sekitar pukul 02.50 WIB itu membawa 47 penumpang termasuk supir dan kernet. Bus melaju dari arah Pemalang menuju Purbalingga. 3 orang meninggal dunia dalam kejadian tersebut, sementara 40 orang lainnya mengalami luka ringan.

“Yang meninggal 3 orang, luka ringan 40 orang sudah dibawa ke Rumah Sakit Nirmala Purbalingga,” ujarnya.

Dia menduga pengemudi bus tidak memahami medan jalan yang menurun dan menikung, sehingga ketika menuruni jalanan tersebut sopir kaget saat tiba-tiba terdapat tikungan tajam menurun.

“Kami menduga sopir bus ini jarang lewat. Jadi tidak menguasai medan sehingga kaget ketika ada tikungan. Kalau untuk rem blong ini harus berkordinsi dengan Dinas Perhubungan, kita tidak bisa menyimpulkan, tapi dari lokasi ada usaha pengereman yang dilakukan meskipun tidak begitu tebal,” ujarnya.

Jalur Bayeman yang berada di Desa Tlahap Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga merupakan jalan menurun dan menikung tajam. Di jalur tersebut sering difungsikan sebagai saat arus mudik lebaran dari arah Pemalang-Purbalingga.

Dijalur tersebut banyak pengemudi kendaraan bermotor baik motor maupun mobil yang tidak mengetahui kondisi medan yng menurun lalu menikung tajam, sehingga dilokasi tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas.(Yd)

 

 

 

Sumber   : detikcom

 

LEAVE A REPLY