Libur Idul Fitri Berakhir, Tiga Bom Mobil Tewaskan 20 Orang

DAMASKUS, Limadetik.com – Ledakan bom bunuh diri memakan korban kembali melanda Suriah. Di ibu kota mereka, Damaskus, tiga ledakan bom mobil terjadi dalam sehari.

Ledakan pertama di Tahrir Square dekat Bab Touma, tak terhindarkan. Pihak berwenang pada dasarnya telah berhasil mengepung pelaku. Namun pelaku yang terdesak memutuskan meledakkan diri. Kementerian Luar Negeri Suriah menyatakan, korban tewas mencapai 20 orang.

Kemlu Suriah menyebut, ledakan ini yang terburuk di Damaskus sejak Maret, Senin (3/7/2017).

Setelah ledakan pertama, pasukan keamanan Suriah segera mengambil langkah pencegahan. Mereka menyisir penjuru Ibu Kotan dan menemukan dua ancaman bom mobil. Kedua detonator diledakkan di tempat yang aman.

Media setempat mengulas, pemerintah dengan ini sudah berusaha menekan jumlah korban jiwa. Diduga, ketiga ledakan bom bunuh diri tersebut menyasar daerah yang sibuk pada hari pertama orang-orang kembali bekerja setelah liburan Idul Fitri.

Rekaman yang disiarkan oleh TV pemerintah dari Tahrir Square menunjukkan puing-puing rongsokan bekas ledakan bom mobil berserakan di jalan. Beberapa mobil rusak parah dan satu di antaranya sudah berubah menjadi rongsokan logam yang bengkok di sana-sini.

Damaskus selama ini selalu terhindar dari pertempuran berskala besar yang menghancurkan kota-kota besar Suriah lainnya selama perang saudara enam tahun terakhir. Jika pun ada, pengeboman terjadi di pinggiran kota dan sudah menewaskan puluhan orang.

Pada pertengahan Maret, serangan bom di gedung pengadilan dan restoran di Damaskus menewaskan 32 orang. Negara Islam Irak dan kelompok Levant (ISIL) mengklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut. Penyerangan berlangsung beberapa hari setelah dua ledakan yang menewaskan 74 orang di kota tertua di Ibu Kota. Serangan itu diklaim oleh aliansi Hayat Tahrir al Sham yang dipimpin oleh mantan afiliasi al-Qaeda Jabhat Fateh al Sham.

(okz/swd)

LEAVE A REPLY