Bawang Putih Asal Cina Beredar di Nunukan

ilustrasi

NUNUKAN, Limadetik.com – Bawang putih yang beredar di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara berasal dari Cina  yang dipasok dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Agen bumbu masak di Pasar Inhutani, Kabupaten Nunukan, Sahabuddin di Nunukan, Rabu (5/7) mengaku tidak tahu-menahu asal usul bawang putih yang diedarkannya selama ini.

Ia menyatakan, sepengetahuannya bawang putih itu didatangkan dari Makassar melalui pengusaha setempat yang telah menjadi relasinya sejak beberapa tahun silam. “Saya tahu bawang putih ini dari Makassar, Sulsel. Saya datangkan melalui pengusaha di sana menggunakan kapal,” ujar dia lagi.

Sebagai pedagang, dia tidak mempermasalahkan asal usul barang yang diperjualbelikan asalkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia. Karena dipasok pula ke pelosok-pelosok melalui pedagang eceran.

Sahabuddin mengaku, telah lama berhubungan bisnis dengan pengusaha di Makassar untuk memasok ke Kabupaten Nunukan. Namun tidak pernah menanyakan asal usulnya.

Ia menambahkan, bawang putih yang diedarkan selama ini kualitasnya sangat baik karena bisa tahan hingga berhari-hari tidak membusuk. “Kualitas bawang putih ini sangat bagus karena tidak cepat membusuk,” kata dia pula. Bawang putih asal Tiongkok tersebut dipasarkan secara eceran sebesar Rp 30 ribu per kilogram. (ant/rd)

LEAVE A REPLY