Bupati Sumenep Sidak RSUD dr. Moh. Anwar

SUMENEP, Limadetik.com – Bupati Sumenep, Jawa Timur, A. Busyro Karim sepertinya punya kepedulian tinggi terhadap pentingnya pelayanan maksimal kepada masyarakat. Buktinya, Ia melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke RSUD dr. Moh. Anwar setempat untuk mengetahui pelayanan kepada pasien dan juga keluarganya, Jum’at (7/7/2017).

Dalam sidak itu, orang nomer satu di Pemerintahan Sumenep menemukan hal yang menghambat kelancaran dalam mengurus administrasi pasien yang dibutuhkan rumah sakit. Salah satunya, Tim Sistem Informasi dan Administrasi Pelayanan Kesehatan Terpadu (Tim Siap Sehat) beberapa petugasnya tidak berada di tempat kerjanya.

“Hasil keputusan rapat, petugas dari Dinas Sosial, Kesehatan dan Dispenduk Capil harus berada disini. Ternyata, tadi setelah kami sampai disini, Sosial dan Dispendukcapil tidak ada disini,”terangnya.

Akibatnya, banyak keluarga pasien yang mengurus administrasi antri, karena tidak adanya perwakilan yang bertugas di ruangan Siap Sehat tersebut.

Dengan adanya tim tersebut, maka pasien yang membutuhakn KTP tidak perlu harus datang ke kantor Dispendukcapil. “Begitu pun juga bagi yang membutuhkan keterangan dari dinas kesehatan, cukup diselesaikan disini,”ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, dr. Fitril Akbar mengaku bukan wawenangnya. Tim Siap Sehat kewenangan pihak terkait.

“Wawenang kami adalah teknis medis. Tim siap sehat bukan wawenang kami,” terangnya.

Meskipun diakuinya, sejak adanya Tim siap sehat, keluhan masyarakat yang diterimanya menurun. “Tapi demi memberikan kepuasan, kita perlu untuk terus memaksimalkan pelayanan kepada keluarga dan juga pasien,”imbuhnya.

 

(Hoki/Rud)

LEAVE A REPLY