Wapres : Pansus Hak Angket Tak Perlu Ditakuti KPK

Limadetik.com,Jakarta – Sejak digulirkan nya Hak angket oleh DPR terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mungkin baru kali ini Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara atas gliat dan sepak terjang Pansus Hak Angket.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun mengimbau, agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak khawatir terhadap langkah Pansus Angket yang disebut-sebut melemahkan lembaga antikorupsi itu.

Sebelumnya, Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK telah menyambangi beberapa lembaga pemasyarakatan atau Lapas, untuk menemui para napi koruptor.

“Enggak apa-apa. Itu kan tidak ada yang salah. Silakan saja. Jangan kalau KPK seperti khawatir. Enggak apa-apa,” kata pria yang akrab disapa JK itu di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (7/7/2017).

JK mengatakan, langkah Pansus Angket KPK dengan mendatangi napi koruptor adalah bagian hak angket.

“Pertama, hak angket itu ya hak dari DPR untuk mengevaluasi sesuatu. KPK sudah melalui 15 tahun. Ya tak ada salahnya kalau DPR yang membuat undang-undang untuk KPK itu, untuk mengevaluasi apa yang dia buat,” kata dia.

Lagi pula, menurut JK, masyarakat juga mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi agar KPK benar-benar diperkuat.

“Masyarakat toh akan mempunyai tanggung jawab prinsip agar KPK diperkuat. Tapi ada hal-hal tertentu dievaluasi,” JK menandaskan. (YD/ARN)

LEAVE A REPLY