Saudi Kebakaran 11 Pekerja Asia Mati Lemas Dalam Mess Tak Berjendela

Limadetik.com,Najran – Kebakaran dahsyat melanda sebuah rumah di Arab saudi tepat nya di najran kejadian nya begitu cepat hingga Sebelas orang pekerja migran meninggal dunia akibat tak mendapatkan oksigen dalam rumah yang tak berpentilasi atau berjendela.

“Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di sebuah rumah tua yang tidak memiliki jendela untuk ventilasi,” kata petugas pertahanan sipil dalam sebuah pesan yang diposkan di Twitter pada hari Rabu (12/07).

“Sebelas orang meninggal karena sesak napas” di provinsi Najran, selatan, tambah pesan tersebut. Kebakaran tersebut juga membuat enam pekerja cedera. Menurut laporan, korban adalah warga negara India dan Bangladesh.

Jutaan warga miskin dari Asia telah bekerja di negara-negara Teluk. Kelompok HAM mengatakan bahwa banyak pekerja menderita eksploitasi dan pelanggaran, termasuk tidak diberi upah.

Menurut data resmi terbaru yang dikeluarkan pada 2015, ada sembilan juta orang asing yang saat ini bekerja di Arab Saudi, banyak di antaranya orang Asia Selatan.

Kelompok hak asasi manusia telah mendesak kerajaan Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya untuk mengakhiri sistem sponsor “kafala”, yang memaksa pekerja asing untuk meminta izin majikan mereka untuk mengganti pekerjaan atau meninggalkan negara tersebut. Sebuah kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa para pekerja itu rentan terhadap eksploitasi. (YD/ARN)

LEAVE A REPLY