2018 Tak Sesuai Target, Tahun Ini Pemkab Sumenep Malah Target 10 Ribu Wisman

SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur tahun ini kembali melanjutkan program Visit Year 2019. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan.

Dalam meningkatkan kunjungan, pemerintah daerah mengandalkan sejumlah even yang akan digelar tahun ini. Jumlahnya lebih baik dibandingkan even yang dihelat tahun lalu. Pasalnya, pada 2017 ada sekitar 30 even yang digelar.

“Ada sekitar 42 even yang akan kita selenggarakan tahun ini, itu terdiri dari even kepariwisataan tingkat regional dan nasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto, Senin (14/1/2019).

Sofi menyebutkan, banyaknya even tersebut demi menggaet minat wisatawan manca negara (wisman) untuk datang berkunjung ke Kabupaten berjuluk Kota Keris ini. ” Tahun ini kami menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 10 ribu orang,” tegasnya.

Meski target kunjungan wisman ke Sumenep pada 2018 tidak mencapai target, Sofi mengaku yakin, untuk tahun ini akan ada peningkatan kunjungan, khususnya wisatawan manca.

“Itu sudah target logis bagi kami. Kalau tahun lalu tidak mencapai target, karena lebih banyak disebabkan faktor alam, yaitu adanya beberapa bencana yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia,” kilah Sofi.

Sebagaimana diberikatan limadetik.com, pada 2018, Pemkab Sumenep menargetkan kunjungan wisman sebanyak 5000 orang, tapi yang berwisata ke Sumebep hanya sekitar 3.500 orang saja.

Beruntung, untuk kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2018 memang mengalami kenaikan, yakni mencapai 1.457.766 orang, jumlah tersebut melebihi target 1.250.000 wisatawan. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here