https://limadetik.com/

Prosesi Hari Jadi Sampang Ke 398, H. Slamet Junaidi Ziarah Makam Leluhur

  • Bagikan
Prosesi Hari Jadi Sampang Ke 398, H. Slamet Junaidi Ziarah Makam Leluhur
FOTO: Bupati Sampang H. Slamet Junaidi beserta Wabup Sampang dan Forkopimda saat tabur bunga di makam Ratoh Ebuh Jalan Mangkubumi Kecamatan Polagan Kabupaten Sampang

SAMPANG, Limadetik.com – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat melakukan ziarah ke makam leluhur Ratoh Ebuh di Komplek pemakaman Raja Sampang dan kerabat, Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang pada Kamis (23/12/2021) Pagi.

Giat tersebut merupakan rangkaian Prosesi Hari Jadi Sampang ke 398 yang juga dihadiri oleh Forkopimda, Sekdakab H. Yuliadi Setiyawan, Ketua TP PKK Hj. Mimin Slamet Junaidi, Waka TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Kepala OPD, Camat, para tokoh dan masyarakat.

limadetik branding

Hari Jadi Sampang merupakan agenda tahunan Pemkab Sampang yang merupakan bagian dari tradisi menghormati para leluhur cikal bakal berdirinya Kabupaten Sampang.

Di tempat sakral tersebut, kedatangan Bupati dan Wabup Sampang disambut tabuhan musik hadrah dengan lantunan sholawat nabi yang membuat suasana makin khidmat.

Turut pula dibacakan ulasan sejarah Ratoh Ebuh, Pangeran Cakraningrat, Pangeran Trunojoyo, Pangeran Santo Merto, Aji Gunung dan RP. Moh. Noer yang merupakan tokoh-tokoh legendaris asal Sampang yang pantas untuk diteladani.

Dikesempatan tersebut, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan, momen historis penobatan Raden Prasena sebagai Pangeran Cakraningrat 1 oleh Sultan Agung Mataram pada 23/12/Rabiul Awal 1045 Hijriyah yang bertepatan dengan grebek maulid nabi Muhammad SAW. Madegan dipilih menjadi pusat kerajaan. Dan semenjak itulah, Pangeran Cakraningrat menjadi penguasa pulau Madura.

Iapun berpesan, sebagai generasi penerus harus mengingat dan merevitalisasi momen historis tersebut sebagai pondasi semangat untuk membangun kejayaan Sampang.

“Kami mengajak untuk mencintai dan merawat apa yang diwariskan oleh leluhur kita. Tugas kita untuk bisa meneruskan cita-cita dan visi mereka untuk memajukan masyarakat serta menjaga jati diri kita sebagai masyarakat Sampang” ajak H. Slamet Junaidi yang biasa disapa Haji Idi ini.

Haji Idi meminta, generasi penerus dapat mengikuti jejak langkah mereka sebagai inspirasi dalam meneruskan pembangunan agar terwujud masyarakat Sampang Hebat Bermartabat.

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan