https://limadetik.com/

Rokat Tasek, Menjaga Tradisi dan Berbagi Ditengah Pandemi

  • Bagikan
Rokat Tasek, Menjaga Tradisi dan Berbagi Ditengah Pandemi
FOTO: Berbagi ditengah pandemi saat kegiatan tradisi rokat tasek di Klampis Bangkalan

BANGKALAN, Limadetik.com – Masyarakat Desa Klampis Timur Kecamatan Klampis kabupaten Bangkalan punya tradisi sendiri dalam menghormati leluhur yakni dengan Rokat Tasek.

Rokat Tasek sudah menjadi tradisi masyarakat pesisir Madura sejak beratus-ratus tahun lalu, sebagai ungkapan mereka berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan atas kelimpahan ikan di laut.

limadetik branding

Kepala Desa Klampis Timur Guntur Anam mengatakan Rokat Tasek tersebut digelar untuk melestarikan tradisi nenek moyang masyarakat desa Klampis.

“Tujuan dari Rokat tasek ini yang pertama untuk mempertahankan tradisi dan adat istiadat yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita dulu, yang kedua untuk menyelamati desa,” kata Guntur.

Guntur mengatakan jika di Tahun-tahun sebelum hanya pemerintah desa hanya menggelar selametan, Namun di masa pandemi ini dilanjut dengan pembagian sembako kepada masyarakat.

Rokat Tasek, Menjaga Tradisi dan Berbagi Ditengah Pandemi
FOTO: Antusias masyarakat Klampis dalam acara rokat tasek

“Alhamdulillah kita juga bisa menyantuni Masyarakat yang kurang mampu apalagi yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Selain sembako dari Pemerintah Desa, Sembako juga berasal dari bantuan Anggota DPR RI Fraksi PKB Syaifudin.

“Alhamdulilah juga ada sembako dari anggota DPR RI melalui tim song osong lombung,” terangnya.

Guntur mengungkapkan, dalam acara rokat Tasek ini seluruh warga desa masyaraka Desa yang mayoritas berpofesi sebagai nelayan masing-masing ini membawa tumpeng.

Setelah tumpeng-tumpeng tersebut selesai di bacakan doa kemudian tumpeng-tumpeng tersebut dibawa ke atas perahu lalu masyarakat memakan tumpeng di tengah laut bersama-sama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan