https://limadetik.com/

KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Sumenep

  • Bagikan
IMG 20201105 WA0008 e1604546818787

SUMENEP, limadetik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara, di halaman GOR A Yani Sumenep, Sabtu (31/10/2020).

Dalam simulasi pemungutan suara dengan menggunakan Sirekap merupakan agenda KPU Republik Indonesia (RI) yang ditempatkan di Sumenep.

limadetik branding

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya menyampaikan, Simulasi serentak lakukan supaya tidak memunculkan klaster baru Covid-19 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dari itu seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Simulasi ini sangat penting untuk dilakukan dalam rangka mencegah penyebarnya Covid-19,” katanya.

Dalam simulasi tersebut, terdapat adegan penolakan warga untuk tidak menggunakan masker dengan alasan karena tidak percaya Covid-19. Namun petugas dengan sabar memberi penjelasan soal pentingnya menggunakan masker.

“Pelaksanaan simulasi ini adalah upaya kami memutuskan mata rantai Covid-19. Karena proses Pilkada 2020 ini digelar di masa pandemi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumenep A. Warits mengatakan, semua tahapan akan dipersiapkan dalam pelaksanaan Pilkada, termasuk juga pembentukan KPPS.

“Semua KPPS akan dilakukan rapid test. Seperti yang disampaikan tadi oleh pak Ilham supaya pemilihan ini tidak menjadi klaster baru. Kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep. “Kami telah koordinasi dengan Satgas, karena datanya ada di Satgas,” imbuhnya.

(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan