4.750 Prona di Kepulauan,Kecamatan Kangayan Belum di Verifikasi BPN Sumenep

Indra Jaya Plt.Ketua Koordinator Prona sumenep 2017

SUMENEP,Limadetik.com – Program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Yang ada di dua desa tepatnya di kepulauan Kangean,Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep yang mendapat program Prona tak kunjung di verifikasi oleh petugas dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten (BPN) Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Program prona di Kepulauan Kangean ini tepatnya di Kecamatan Kangayan mendapat 4.750 bidang sertifikat tanah yang Dana nya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk tahun 2017.

Menurut Keterangan yang di dapat media pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumenep melalui Plt.Ketua Koordinator untuk Prona 2017 saat ditemui diruangan kerjanya Selasa,(12/9/2017) Mengatakan bahwa prona untuk Kecamatan kangayan ini masuk pada tahap kedua bersama dengan daratan yang jumlah nya 10 ribu Sertifikat tanah dari dua desa yaitu desa kangayan dan desa cangkarama’an masing masing di kecamatan kangayan,Kabupaten Sumenep,Jawa Timur.

“Ia benar Prona tahap kedua ini sejumlah 10 ribu bidang sertifat”ungkap Indra Jaya selaku Plt.Ketua koordinator untuk prona.

Indra sapaan akrabnya menambahkan “sebelum nya tahap pertama 8.000 ribu prona sudah selesai terverifikasi dan sekarang tahap dua sebanyak 10.000 ribu dengan rincian 4.750 bidang sertifikat untuk kepulauan sisa nya 6.250 “tandas nya.

Adapun 4.750 untuk kecamatan kangayan itu terbagi dua desa diantaranya 851 untuk desa cangkaramaan serta 3.899 untuk desa kangayan semua nya terletak di kecamatan kangayan Kepulauan Kangean.

Sedangkan untuk Kecamatan Kepulauan lain nya yang mendapatkan Program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) ini Yaitu; Kecamatan Giligenting masing-masing Desa Banmaling sebanyak 1.348 dan Desa Jate sebanyak 852,dan yang terakhir Kecamatan Talango,tepatnya di Desa Talango sejumlah 2.527 Prona.sementara kecamatan pulau lain nya tidak ada.

Sementara itu saat di tanya kenapa sampai sekarang pihak petugas dari BPN sumenep belum juga turun melakukan tahapan demi tahapan untuk prona di kepualauan, Plt.Ketua Koordinator Prona ini berkilah karna cuaca yang belum mendukung untuk turun kepulau.

“Ini cuaca yang tidak mendukung mas,kapan hari kami sudah siap berangkat kepulau Kangean dan sudah booking tiket kapal tapi katanya kapal gagal berangkat”jawab indra sapaan akrab nya.

Namun saat di singgung kalau kapal tetap lancar operasi ke pulau sekalipun sebelum nya cuaca memang kurang bersahabat tapi itu hanya beberapa hari saja,Indra pun menjawab kalau dia nunggu perintah saja kapan mau berangkat.

“Saya tinggal tunggu perintah saja kapan bisa berangkat kepulau,sekalipun saya ini, baru disumenep mas jadi tidak faham terkait dengan kapal yang kepulau,dan saya sebenar nya hanya Menggantikan sementara Ketua Koordinator nya sebab beliau lagi menjalankan ibadah haji”tutup Ketua Plt.Koordinator Prona tersebut. (yd)

Leave a Reply