SUMENEP, Limadetik.com – Sebanyak 9 kecamatan dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, hingga hari ini, Jum’at (30/6/2018) belum mengembalikan kotak suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustafa. Menurutnya baru 18 kecamatan yang telah mengembalika kotak suara.

“18 kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Batuan, Ganding, Talango, Pasongsongan, Kalianget, Giligenting, Dungkek, Ambunten, Guluk-guluk, Gapura, Rubaru, Batuputih, Dasuk, Pragaan, Batang-batang, Lenteng dan Nonggunung Pulau Sapudi,” jelasnya.

Sesuai tahapan Pilgub, pihaknya berharap agar PPK mengembalikan kotak suara sebelum tanggal 4 Juli 2018.

Setelah terkumpul semua, lanjut Malik nantinya KPU akan melakukan rekapitulasi hasil pengutusan suara tingkat Kabupaten. Sesuai tahapan, rekapitulasi tingkat Kabupaten dijadwalkan mulai 4-6 Juli 2018.

”Kalau di Sumenep sendiri rekapitulasi tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli,” ucapnya.

Demi menjaga kerahasiaan dan keamanan, pengembalian kotak suara dikawal aparat Kepolisian dan TNI. Selain itu juga pengawalan dilakukan oleh petugas Panwas dari masing-masing Kecamatan.

Jumlah pemilih Pilkada Jatim 2018 di Sumenep sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan oleh KPU sebanyak 854.158 orang. Sedangka jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jatim di Sumenep sebanyak 2.400 TPS yang tersebar di 27 kecamatan. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here