93 Napi di Sumenep Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan

SUMENEP, Limadetik.com – Selain pada hari raya Idhul Fitri, para Nara Pidana (Napi) memiliki hak untuk mendapatkan remisi pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Begitu juga puluhan napi Rumah Tahanan Klas II B Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Tahun ini mereka diusulkan mendapatkan remisi hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72.

Kepala Ruran Klas II B Sumenep, Ketut Akbar Ahyar menyatakan 93 napi yang diusulkan untuk memperoleh remisi hari kemerdekaan RI. Jumlah itu masih bisa saja bertambah apabila ada Napi yang memenuhi persyaratan.

“Hingga hari penghuni Rutan ini 220 orang. Hanya saja yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi kemerdekaan hanya 93 orang,” Kata Ketut Akbar Ahyar, Jum’at (4/8/2017).

Mantan Kepala Lapas Pamekasan melanjutkan, kriteria mendapatkan remisi diantaranya adalah berkelakuan baik dan juga sudah menjalani hukuman minimal 9 bulan.

“Bagi Napi yang mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman minimal 1 bulan dan maksimal 6 bulan,” terangnya.

Sementara saat disinggung apakah Napi yang mendapatkan remisi pada Hari Raya Idhul Fitri boleh diusulkan lagi dalam remisi Kemerdekaan, Ahyar mengaku boleh. “Tidak masalah. Bisa saja pada saat Idhul Fitri mendapatkan remisi dan pada Kemerdekaan kembali dapat,” ucapnya.

Sementara itu, penerimaan remisinya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kalau tahun sebelumnya penyerahan remisi Kemerdekaan diserahkan di Pemkab (Pemerintah Kabupaten), tahun ini akan dilaksanakan di Rutan. Kami sudah koordinasi dengan Bupati dan beliau bersedia,” tukasnya.

 

(hoki/rud)

LEAVE A REPLY