Amanah KH.Fawaid As’ad Pada Nyai Makkiyah Untuk Dukung Gus Ipul di Pilgub Jatim

LIMADETIK.com – Kontes politik untuk pilgub jawa timur sudah semakin dekat,berbagai cara pun sudah mulai dilakukan untuk mengambil simpati warga baik oleh partai pengusung maupun oleh tim relawan dari paslon.

Namun lain halnya dengan Pengasuh Tiga Pesantren, Nyai Hj. Makkiyah yang secara terang terangan mengtakan dukungan sepenuhnya lahir dan batin untuk pasangan Saifullah Yusuf-A.Azwar Anas (Gus Iful-Anas) pada Pilgub Jawa Timur 2018 yang akan datang.

Alasannya mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang, karena menjalankan pesan sekligus amanah dari KH Fawaid As’ad.

Nyai Makkiyah sendiri merupakan pengasuh Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo; Pesantren Al-Huda Sumber Nangka, Duko Timur, Larangan Pamekasan, dan Pesantren As-Shidqiyah Perum Batu Kencana, Kabupaten Sumenep.

“Kiai Fawaid As’ad pernah berpesan, jika Gus Ipul maju sebagai Cagub Jatim maka saya diminta total memberikan dukungan dhahir dan batin,” kata Hj Makkiyah, Minggu (10/12/2017).

Pesan atau Dawuh KH Fawaid, menurut Nyai Makkiyah, tidak hanya dia dengar sendiri melainkan saat itu juga banyak saksi yang mendengar diantaranya adalah para pengurus pesantren Sukorejo yang saat itu mengikuti pertemuan bulanan pesantren.

Saat itu, kata Nyai Makkiyah, KH Fawaid juga berpesan agar dirinya berbagi tugas dengan KH Azaim.

“Untuk urusan pesantren dan umat peran tugasnya menjadi tanggungjawab Kiai Azaim, sementara Pilgub Jatim ditugaskan ke saya,” ujar Nyai Makkiyah.

Terkait pesan KH Fawaid ini, baik Nyai Makkiyah dan KH Azaim saat ini mulai berbagi peran. “Jadi pesan Almarhum Kiai Fawaid saat ini yang saya jalankan,” ujarnya.

Nyai Makkiyah mengatakan, alasan utama Dawuh KH Fawaid kepadanya adalah karena sepanjang era kemerdekaan, Jawa Timur tidak memiliki Gubernur dari NU.

“Sekarang sudah saatnya. Apalagi Gus Ipul ini tidak meminta jadi gubernur, tapi Gus Ipul ini maju cagub karena diperintah para Kiai-Kiai sepuh se Jawa Timur,” kata dia.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here