Anggaran Pendidikan Meningkat, Bupati Sumenep: Tahun 2019 Rp 692 Miliar

SUMENEP, limadetik.com – Anggaran pendidikan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur sejak tiga tahun terakhir terus meningkat. Hal itu disampaikan Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dalam sambutannya dalam kegiatan bertajuk Konsultasi Publik Program Inovasi, Kamis (7/2/2019).

Buktinya, pada 2017 sudah lebih dari 20 persen yakni mencapai Rp 698 miliar atau 30,69 persen. Pada 2018 sebesar Rp 703 miliar atau 31,5 persen dan pada APBD 2019 dialokasikan mencapai Rp 692 miliar atau 28 persen.

“Dengan seperti itu dipastikan bahwa belanja di bidang pendidikan menyedot anggaran paling besar dibandingkan urusan lainnya,” katanya.

Maka dari itu, bupati dua periode itu meminta agar Dinas Pendidikan Sumenep menambah program dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan dan harus melakukan realokasi anggaran dana.

“Buatlah kegiatan baru untuk meningkatkan mutu pembelajaran secara langsung, khususnya berkaitan dengan peningkatan kemampuan literasi,” sarannya.

Pihaknya juga mengingatkan, dalam penyusunan anggaran jangan sampai tidak bersentuhan langsung, misalnya kegiatan meningkatkan kualitas pendidikan ternyata programnya mengecat pagar.

“Jangan masukkan anggaran dana untuk kebutuhan yang memang tidak penting. Kalau perlu ada konsultan supaya kegiatannya lebih terarah demi menyukseskan kualitas pendidikan di Sumenep,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here