SUMENEP, Limadetik.com – Untuk mengantisipasi membludaknya penyerahan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur menyiapkan 4 tim khusus. Tim itu bertugas untuk menerima dan memverifikasi berkas bacaleg.

Pasalnya, mayoritas partai politik diprediksi mendaftar hari ini, Selasa (17/7/2018). Sebab, hingga Senin, (16/7/2018) kemarin masih satu dari 16 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 yang menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Sumenep, yakni Partai NasDem. Dengan begitu penyerahan berkas bacaleg 15 Parpol lainnya bertumpu hari ini, Selasa, 17 Juli 2018.

“KPU siap, bikin tim khusus yang ditugaskan menerima dan memeriksa berkas. Ada 4 tim verifikasi yang kami siapkan,” kata Ketua KPU Sumenep, A Waris.

Sesuai tahapan, pendaftaran bacaleg dilaksanakan mulai 4-17 Juli 2018. Hari ini pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB. Sebelumnya, penerimaan pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Waris menegaskan, apabila hingga batas akhir pendaftaran Parpol tidak menyerahkan berkas bacaleg, secara otomatis tidak bisa mengusung calon pada Pemilu 2019. Sebab, waktu 14 hari dinilai sudah sangat cukup sehingga KPU tidak akan memperpanjang masa pendaftaran bacaleg.

“Sesuai tahapan, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran bacaleg,” tegasnya.

Apabila berkas bacaleg tidak dinyatakan belum lengkap, maka akan dikembalikan untuk diverifikasi. Setiap bacaleg diberi kesempatan untuk melengkapi kekurangan berkas hingga akhir Juli 2018. (Hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here