Bandara Trunojoyo Sumenep Akan Dipindah ke Lahan Baru?

Bandara Trunojoyo Sumenep, Foto: Nikam Hokiyanto

SUMENEP, Limadetik.com – Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur mengusulkan perpanjangan landas pacu. Pasalnya, landas pacu bandara selama ini hanya dengan panjang 1.600 meter dan lebar 30 meter.

Berita Terkait: 

Akibatnya, Bandara Trunojoyo tidak bisa dilandasi pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 737. Untuk bisa dilandasi pesawat berbadan besar, bandara tersebut membutuhkan panjang 2.250 meter dan lebar 60 meter.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo mengatakan, perpanjangan landas pacu membutuhkan lahan baru.

“Kami mengusulkan empat opsi, yakni memperpanjang di sisi barat landas pacu saat ini, di sisi timur, di lahan baru, dan di kedua sisi (barat dan timur),” katanya, Jum’at (19/1/2018).

Dari empat opsi itu, pihak bandara menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Sumenep untuk menentukan atau memilih opsi. Sebab lahan untuk perpanjangan landas pacu itu harus disiapkan oleh pemerintah daerah.

“Kami berharap pemerintah daerah segera menindaklanjuti opsi yang akan dipilihnya untuk memperpanjang landas pacu di Bandara Trunojoyo,” tukasnya.

Bandara Kelas III Trunojoyo melayani penerbangan dengan rute Sumenep – Surabaya dan sebaliknya dengan operator pesawat Wings Air.

Informasinya, dalan waktu dekat juga akan melayani penerbangan Bandara Trunojoyo Sumenep – Pegerungan dan Sumenep – Bawean, Gersik. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here