Bawaslu Sumenep ‘Haramkan’ Angkutan Umum Dipasangin Bahan Kampanye

Ilustrasi

SUNENEP, limadetik.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melarang tim kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden maupun calon legislatif (Caleg) memasang bahan kampanye (BK) pada angkutan umum.

“Keputusan itu berdasarkan hasil rapat dengar pendapat (RDP) dengan Bawaslu RI. Hasil RDP, Alat Peraga Kampanye (APK) maupun BK tidak boleh dipasang pada kendaraan umum atau plat kuning,” kata Komisioner Bawaslu Sumenep, Abd Rahem, Jum’at (23/11/2018).

Tetapi aturan tersebut tidak berlaku bagi kendaraan pribadi. Hanya saja pemasangan di kendaraan pribadi tetap tidak boleh bersifat akumulatif.

“Itu artinya pada satu mobil tidak boleh ada gambar caleg lengkap dengan gambar partai dan nomor urut. Itu tidak boleh. Dan kendaraan yang dipasang itu harus plat hitam,” tegasnya.

Apabila nanti ditemukan adanya pemasangan BK atau APK pada plat kuning, pihaknya akan merekomendasikan untuk dilakukan pencopotan.

“Kami rekomendasikan untuk dicopot. Meskipun selama ini masih belum menemukan adanya pemasangan APK pada angkutan umum,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here