umroh 12 hari

Bertolak dari Tanjung Perak Surabya, KM Fajar Nusantara Tenggelam di Perairan Pulau Sapudi

Sebelumnya, KM Fajar Nusantara dengan jumlah kru kapal 14 orang berangkat dari Tanjung Perak Surabaya tujuan Balikpapan

Bertolak dari Tanjung Perak Surabya, KM Fajar Nusantara Tenggelam di Perairan Pulau Sapudi
FOTO: 14 Crew KM Fajar Nusantra yang tenggelam di Perairan Sapudi tiba dengan selamat di Pelabuhan Panarukan Situbondo

SUMENEP, Limadetik.com – Bertolak dari Tanjung Perak Surabaya, KM Fajar Nusantara tenggelam di perairan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (21/6/2022) sekira pukul 21.14 Wib.

Belum diketahui secara pasti penyebab tenggelamnya Kapal cargo milik PT Satya Permai dengan muatan campuran tujuan Balikpapan Kalimantan Timur itu, namun dugaan sementara kapal mengalami kebocoran di perairan Pulau Sapudu karena cuaca kurang baik.

umroh 9 hari

Sebagaimana kronologis diceritakan Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti Sutiyoningrum, bahwa KM Fajar Nusantara bertolak dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Balikpapan Kalimantan Timur dengan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 14 orang termasuk Nakhoda bernama Satria Kukuh Pratama.

“Ada informasi dari nelayan Sapudi kalau ada laka laut di perairan Sapudi pada hari Selasa 21 Juni 2022 sekira pukul 21.14 Wib, dan selanjunya personel Polsek Sapudi berkordinasi dengan Syahbandar setempat untuk mengetahui kebenaran info dimaksud” katanya, Rabu (22/6/2022).

Setelah dilakukan kordinasi, Syahbandar Sapudi membenarkan bahwa betul ada laka laut di perairan Sapudi dengan Posisi/Lokasi Kecelakaan : 07009’08.1” LS // 114015’55,1” BT (sebelah barat pulau Sapudi). Namun penyebab pastinya laka laut tersebut belum di ketahui.

Sebelumnya, KM Fajar Nusantara dengan jumlah kru kapal 14 orang berangkat dari Tanjung Perak Surabaya tujuan Balikpapan pada Minggu 19 Juni 2022 pukul 15.02 WIB, pada koordinat 07°09’08.1”S / 114°15’55.1”E.

Baca Juga :  'Turun Gunung', Ketua DPD BM PAN Sumenep Kukuhkan DPC BM PAN Saronggi

“Setelah melakukan pelayaran beberapa jam kemudian, tepatnya pada hari Selasa 21 Juni 2022 sekira pukul 21.14 Wib kapal tidak jadi melintasi perairan laut jawa dikarenakan cuaca tidak bersahabat, sehingga kapal berputar arah dan berlindung di sekitar pulau Sapudi” ungkapnya.

Namun pada pagi Rabu 22 Juni 2022 sebanyak 14 crew kapal ditemukan dengan selamat oleh Kapal nelayan Penarukan Kabupaten Situbondo bernama Prabu Sakti yang dinakhodai Munadi, dan 14 crew KM Fajar Nusantara dibawa ke dermaga pelabuhan Panarukan.

“Belum diketahui secara spesifik penyebab dari kecelakaan KM Fajar Nusantara tersebut. Tapi Alhamdulillah, 14 ABK Kapal di temukan oleh nelayan Penarukan, Kabupaten Situbondo dalam keadaan selamat, dan selanjutnya di evakuasi ke darat Pelabuhan Penarukan dan tiba di pelabuhan penarukan Rabu 22 Juni 2022 sekira pk. 08.00 Wib” tukasnya.

Tinggalkan Balasan