Bukan Soal Agama, Mahasiswa Sumenep Gelar Aksi Solidaritas Rohingya

SUMENEP, Limadetik.com – Puluhan mahasiswa Sumenep, Jawa Timur yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi solidaritas terhadap tragedi yang dialami etnis Rohingya di Myanmar, Kamis (7/9/2017).

“Kami menggelar aksi solidaritas ini bukan karena soal agama, melainkan atas dasar kemanusiaan,”kata kordinator aksi, Muhsi (21) dalam orasinya di depan masjid jami’ Sumenep.

Menurutnya, puluhan tahun penduduk rohingya hidup terlunta – lunta dalam bayangan ketakutan dan intimidasi. Hingga mereka terusir dari tempat kelahirannya untuk menemukan tempat yang aman dan nyaman.

“Karena tidak kuat terhadap intimidasi, akhirnya mereka memutuskan untuk mengungsi ke beberapa negara,”ucapnya.

Maka dari itu, sambung mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Sumenep, Pengurus Besar HMI memberikan pernyataan sikap sebanyak 8 poin. Dari 8 poin itu diantaranya adalah mengutuk tindak kejahatan kemanusiaan oleh Bhiksu Budha dan aparat keamanan Myanmar.

“Kami mendesak Pemerintah Myanmar untuk.segera menghintikan tindak kejahatan terhadap etnis Rohingya,”tegasnya.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa juga menggelar Shalat Ghaib di tengaj jalan. Kemudian dilanjutkan dengan penggalangan dana untuk korban yang mengalami kejahatan tersebut. (Hoki/Rud)

Leave a Reply