Bupati OKU Drs.H.Kuryana Aziz saat menerima baki bendera merah putih

BATURAJA , Limadetik.com — Upacara dalamrangka memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI yang ke-73 Tahun 2018 yang dilaksanakan di taman kota baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatra Selatan, berjalan dengan penuh rasa khusyu’ dan khidmat.

terlihat duduk berjejer di tribun kehormatan, wakil bupati, ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, Sekda Ahmad Tirmizi, Kapolres juga Dandim OKU serta tamu lainnya

Pada kegiatan tahunan ini Bupati OKU Drs. H. Kuryana Aziz, bertindak sendiri sebagai inspektur upacara. Nampak hadir sederetan pejabat Pemkab OKU selain Wakil Bupati Johan Anuar, seluruh SKPD di OKU, Ketua DPRD Zaplin Ipani, beserta Anggota nya, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Kapolres AKBP. Dra. NK Widayana Sulandari, Sekda Dr. H. Achmad Tarmizi, Kakandepag ishak putih, Perwakilan PT Semen Baturaja Taufik Ibrahim, Kacab Bank Sumsel babel Faisal, TP PKK, Veteran, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan undangan lainnya, Jumat (17/8/2018).

Peserta upacara memenuhi Taman Kota Baturaja OKU, mulai dari siswa-siswi yang mewakili sekolah-sekolah sekolah lanjutan atas (SLTA), Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, Anggota TNI dan Polri, serta Pegawai Negeri yang ada di Kabupaten OKU. Peringatan detik detik Proklamasi, dimulai pukul 09.30 WIB, Dipimpin langsung oleh Bupati OKU H Kuryana Azis.

Pasukan pengibar bendera Merah Putih sebagai wujud penghormatan, para veteran pejuang kemerdekaan Indonesia, di tempatkan di belakang Bupati, Wakil Bupati, Dandim, Kapolres dan Sekda Pemkab OKU. Kehidmatan upacara bertambah dengan iringan lagu Indonesia Raya. Komandan Kompi Letda Arm Ichsan Sobarudin, lulusan Secapa tahun 2017, dan saat ini dikesatuan menjabat sebagai Pama Yon Armed 15/105 Tarik. Sementara pembawa bendera yakni Intan Novia Ramadhona, putri ke tiga dari pasangan Lutfi Muchtar dan Sarmawati, kelahiran Baturaja 30 November 2001, anak ke 3 dari 3 saudara dari SMA Negeri 01 OKU.

para petugas pengibar bendera merah putih

Pendamping pembawa bendera Andini, kelahiran Prabumulih 31 Mei 2001, anak ke 2 dari 3 bersaudara, dari SMA Taruna Tunas Bangsa, Petugas Pengibar Bendera yakni Muhammad Adhlan Assolichin, kelahiran Baturaja 21 Juni 2002, anak ke 3 dari 4 bersaudara, utusan SMK Negeri 03, Baturaja OKU. Petugas penggerek bendera yakni Mgs. Ammar Agustian Nurza, kelahiran Palembang 25 Agustus 2001, anak ke 1 dari 3 bersaudara, utusan dari SMA Negeri 01 Baturaja OKU.

Bupati dan Muspida OKU Peringatan detik-detik Proklamasi, tepat pukul 10.00 WIB, yang ditandai dengan terdengarnya bunyi sirine.  Kemudian Bupati OKU H. Kuryana Azis membacakan tek Proklamasi 17 Agustus 1945 yang ditanda tangani Bung Karno dan Bung Hatta. Disela-sela selesainya upacara, Bupati OKU memberikan tropy, hadiah dan  penghargaan kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara, Polri, Kades yang pensiun di bulan Agustus 2018.

Pada kesempatan terpisah, Bupati meminta masyarakat memaknai peringatan kemerdekaan, dengan mempupuk rasa bangga sebagai anak bangsa, dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Juga mengajak agar sebagai warga bangsa terus menjunjung komitmen dan senantiasa melaksanakan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

“Kita wajib selalu meningkatkan daya juang untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dalam mewujudkan masyarakat yang semakin sejehtera dan berdikari” ujar Bupati H.Kuryana Azizi pada awak media.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa tugas berat mengisi kemerdekaan adalah mewujudkan kemandirian disegala bidang, “Maka menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus untuk dapat mengukir sejarah baru yang terus berubah maju, tanpa harus mengorbankan harga diri dan jati diri” tutur Bupati.

Sementara itu, Paskibraka Kabupaten OKU tahun 2018, merupakan binaan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H. Topan Indra Fauzi, sedangkan tim panitia terdiri dari para pelatih Kodim 0403/OKU, Polres OKU, Dodiklatpur Rindam II/Sriwijaya.

Setelah upacara seluruh rombongan langsung ke pemakaman pahlawan untuk melaksanakan penghormatan serta menaburkan bunga kepada pahlawan.

Bupati OKU bersama Muspida saat menaburkan bunga di makam pahlawan

Pada pukul 14.30.wib rombongan meninjau ke lokasi tahanan rutan baturaja untuk melaksanakan upacara serta memberikan remisi tahanan berjumlah 281 tahanan dari 466  tahanan yang mendapatkan remisi untuk pulang hari ini ada dua tahanan. (fikri/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here