SUMENEP, limadetik.com – Puting beliung yang menerjang puluhan rumah pada Minggu 10 maret 2019 lalu mendapat perhatian Bupati Sumenep, Jawa Timur, A. Busyro Karim.

Buktinya, Busyro langsung menemui para korban di Dusun Kebun, Desa Tarogan, Kecamatan Lenteng. Tidak hanya itu, bupati memberikan bantuan secara langsung terhadap para korban.
Ada pun bantuan yang diberikan berupa
makanan siap saji, pakaian, terpal, matras dan perlengkapan bayi.

Termasuk pula pemerintah memberikan bantuan dana untuk membantu meringankan biaya perbaikan rumah yang rusak. Untuk pencairannya, pemerintah masih menunggu hasil pendataan rumah terdampak angin puting beliung untuk menentukan jumlah bantuan yang akan diterima.

“Karena bantuan yang akan diberikan disesuaikan dengan kerusakan. Apakah rusak ringan, sedang atau rusak berat,” katanya, Selasa (12/3/2019).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, R. Abd. Rahman Riadi, mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan untuk korban angin puting beliung di desa lainnya.

“Bantuan untuk korban di Desa Pore Kecamatan Lenteng, Desa Talang dan Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi menyusul setelah penyerahan bantuan di Desa Tarogan ini akan kami salurkan” katanya.

Pasalnya, akibat puting beliung dua hari lalu, puluhan rumah mengalami kerusakan. Berdasarka data dari BPBD setempat, rumah warga yang rusak tersebar di Desa Tarogan sebanyak 40 rumah, Desa Pore sebanyak 6 rumah, di Desa Talang Saronggi 14 rumah dan di Desa Kambingan Timur 6 rumah. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here