https://limadetik.com/

Cara Pemkab Pamekasan Tekan Kebocoran Retribusi Pasar, Wabup Fattah Jasin Luncurkan E-RPAS

Cara Pemkab Pamekasan Tekan Kebocoran Retribusi Pasar, Wabup Fattah Jasin Luncurkan E-RPAS
FOTO: RB Fattah Jasin (tengah) saat menggunting pita peluncuran E-RPAS Pasar Kolpajung Kecamatan Pamekasan

PAMEKASAN, Limadetik.com – Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, RB Fattah Jasin, meresmikan penggunaan E Retribusi Pasar atau E-RPAS di Pasar Kolpajung, Kecamatan Kota Pamekasan, Senin (13/06/2022).

Peluncuran E-RPAS di pasar tradisional tersebut, sebagai langkah Pemkab Pamekasan untuk menekan kebocoran retribusi sebagai bagian dari pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu, juga untuk mempermudah aktivitas jual beli di pasar dan kesalahan hitung penerimaan retribusi pasar.

https://limadetik.com/

Wabup Pamekasan, Fattah Jasin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penggunaan retribusi pasar berbasis elektronik disesuaikan dengan anjuran dari pemerintah pusat.

“Dalam elektronik ini, pemerintah tidak bisa kita tawar, karena ada Kepresnya yaitu sistim pemerintah berbasis elektronik (SPBe). Maka segeralah untuk di inventarisir karena kita butuh untuk mengatasi kebocoran yang ada di retribusi supaya retribusinya bisa meningkatkan dan kita juga supaya bisa melihat para pedagang ini layak ditempat dagangnya dengan cara memperbaiki infrastruktur yang ada,” kata mantan PJ Bupati Pamekasan itu.

Selain digunakan di Pasar Kolpajung, penggunaan E-RPAS, juga akan diberlakukan di Pasar 17 Agustus yang berada di jalan Pintu Gerbang.

Fattah Jasin berharap, kedepan penggunaan E-RPAS tidak hanya di dua pasar terbesar di Bumi Gerbang Salam, namun juga diberlakukan di semua pasar di 13 wilayah kecamatan se Kabupaten Pamekasan.

Diketahui, dalam peluncuran E-RPAS, Pemkab Pamekasan menggandeng Bank BRI. Acara launching E-RPAS, juga dihadiri oleh Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan, jajaran direksi Bank BRI Pamekasan dan Kanwil Surabaya serta Kepala Disperindag Pemkab Pamekasan.

Tinggalkan Balasan