Cuaca Normal, Produksi Garam Nyaris Tembus 45 Ribu Ton

Direktur Produksi PT Garam Persero, Budi Sasongko

SUMENEP, Limadetik.com – Kondisi kemarau yang bagus sangat membantu terhadap produksi garam. Buktinya, hasil produksi PT Garam yang lahannya berada diantaranya, di Sumenep, Jawa Timur dan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) hinggi kini mencapai hampir 45 ribu ton.

Hal itu disampaikan Direktur Produksi PT Garam Persero saat berada di Sumenep, Kamis (7/9/2017).

“Kondisi cuaca yang bagus ini sangat mendukung produksi, dan selanjutnya berharap produksi garam terus membaik,” katanya.

Pihaknya memprediksi produksi garam hingga akhir bulan ini akhir mencapai 100 ribu ton. Hal itu apabila kondisi kemarau tetap bagus atau tidak mendukung, apalagi turun hujan.

“Ya kami berharap kondisi cuaca pada sisa kemarau atau hingga pekan kedua Desember 2017 normal dan selanjutnya pasokan garam kepada mitra usaha kami berjalan lancar,” harapnya.

Diakuinya, PT Garam memprioritaskan pasokan garam kepada mitra usaha PT Garam di luar Pulau Jawa. Alasannya, di Pulau Jawa terdapat banyak sentra Produksi Garam rakyat dan selanjutnya para pengusaha maupun mitra usaha PT Garam bisa menyerap garam rakyat selama masa produksi.

Kini, PT Garam memiliki lahan pegaraman seluas 5.000 hektare lebih yang tersebar di tiga kabupaten di Pulau Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang, serta di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Hoki/swd)

Leave a Reply