Dinas PUPR OKU Berencana Rehab Rumah Warga Miskin

BATURAJA, Limadetik.com – Kabar gembira bagi masyarakat Ogan Komering Ulu (OKU) yang berpenghasilan rendah atau tergolong miskin, pasalnya pada tahun depan ( 2018 mendatang, red). Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berencana akan melakukan rehab rumah sebanyak 400 unit yang ada di Baturaja.

“Insya Allah, pada tahun 2018, kita mendapat bantuan dari Kementerian PUPR RI, untuk merenovasi 300 unit rumah warga yang berpenghasilan rendah, sementara 100 unit akan di anggarkan dari APBD OKU,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten OKU melalui Sekretaris Dinas Hasan HD, di ruang kerjanya, Kamis (10/8/2017).

Dia megungkapkan, warga berpenghasilan rendah yang beruntung akan kita seleksi secara ketat oleh pihak ketiga yang ikut kita libatkan dalam program ini, melalui Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM), sebagai pengelola dari Kementerian PUPR RI.

“Warga yang kita pilih mendapatkan bantuan ini berasal dari seluruh Kecamatan, namun prioritas utama Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat,” terangnya.

Pada program rehab atau bedah rumah ini, lanjut Hasan, setiap kepala keluarga yang beruntung akan di berikan bantuan berupa bahan bangunan dengan nilai sebesar Rp.15 juta per kepala keluarga, dan itu sudah termasuk upah tukang.

Sedangkan tahun 2017 ini, ada 100 unit rumah warga yang berpenghasilan rendah di lima kelurahan nanti akan di bedah.

Rinciannya, 34 unit di Kelurahan Talang Jawa, 20 unit di Kelurahan Air Gading, 13 unit di Kelurahan Saung Naga dan 5 unit di Kelurahan Batu Kuning. Semuanya berlokasi di Kecamatan Baturaja Barat. Kemudian di Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur ada 28 unit.

“Bantuannya juga senilai Rp.15 juta per kepala keluarga dan dananya berasal dari APBD OKU,” jelasnya.

Pada tahun 2016 silam, Hasan menambahkan, pihaknya hanya melakukan bedah rumah sebanyak 30 unit yang dananya berasal dari CSR Bank Syariah Mandiri Baturaja dan rehab tersebut sudah selesai di kerjakan.

(Ari/Rud)

Leave a Reply