Empat Hari Lagi, Pesawat Berkapasitas 72 Penumpang Layani Sumenep-Surabaya Setiap Hari

Bandara trunojoyo sumenep madura

SUMENEP, Limadetik.com – Warga Sumenep, Jawa Timur yang akan melakukan perjalanan ke Surabaya atau sebaliknya, empat hari lagi bisa menggunakan pesawat dengan kapasitas 72 penumpang.

Pasalnya, Wings Air dijadwalkan akan melayani penerbangan secara komersial di Bandara Trunojoyo Sumenep menuju Bandara Juanda Surabaya dan sebaliknya akan dimulai sejak nanti, Minggu (17/9/2017).

“Penerbangan komersial oleh pesawat Wings Air dirute Sumenep-Surabaya itu direncanakan pada tanggal 17 September nant. Penerbangan itu setiap hari, tanpa ada libur,” tegas Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Rabu (13/9/2017).

Menurutnya, hingga kini masih menunggu slot time penerbangan di Bandara Juanda Surabaya. Tapi ia memastikan, pada tanggal 17 September itu tetap ada penerbangan komersial perdana.

“Selain masih menunggu slot time, ada beberapa perbaikan yang belum tuntas di Bandara Trunojoyo, diantaranya peningkatan fasilitas terminal yang masih dalam proses,” terangnya.

Pria yang karib disapa Wahyu melanjutkan, kekuatan atau “pavement classification number” (PCN) landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter itu  rata-rata 17 dan sebagian ada yang 20 setelah ada program peningkatan pada anggaran tahun ini.

“Kekutan landasan pacu sudah mampu menahan beban 16 ton. Sedangkan pesawat ATR 72 itu bebannya hanya maksimal 15 ton. Jadi pesawat ATR 72 itu nanti bisa mengangkut penumpang dengan maksimal yakni 72 orang penumpang,” tukasnya. (hoki/rud)

1 KOMENTAR

Leave a Reply