BONDOWOSO, limadetik.com — Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian kembali mengadakan acara Gelar Teknologi (Geltek) Pertanian Kabupaten Bondowoso 2019. Yang diadakan di Desa Kali Tapen Kecamatan Tapen Bondowoso.

Geltek Pertanian ini juga merupakan pertemuan antar pegiat pertanian sekaligus sebagai Wahana Wisata Edukasi bagi para kawula muda yang ingin menggali ilmu tentang pertanian. Acara ini mendapat respon positif dari masyarakat.

Berbagai jenis tanaman diperkenalkan diantaranya bunga Refugia dan Marigold dengan berbagai macam jenis,kehadiran bunga ini diantara tanaman pertanian berfungsi sebagai pemikat hama karena pada prinsipnya serangga nenyukai bunga-bungaan.

Adapun jenis tanaman pangan yang diperkenalkan ada Padi dan Jagung Hibrida sedangkan untuk Holtikultura meliputi Melon, Semangka, Cabai, Terong dan Tomat serta sayuran lainnya.

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, pelaksanaan Geltek Pertanian ini merupakan gagasan utama dan peningkatan SDM bagi Kelompok Tani juga pegiat pertanian Di Bondowoso.

“Ini bertujuan sebagai motifasi untuk semua penyuluh pertanian, semua kelompok tani dan semua petani pemula agar bisa belajar dari sini, guna meningkatkan kwalitas hasil pertanian yang bisa diterapkan pada masing-masing kelompok tani sehingga bisa bermanfaat nanti di kelompok tani di desa masing-masing ” ujar Bupati dalam sambutannya, Selasa (30/4/2019).

Sedangkan dalam rangka untuk meningkatkan produk pertanian,pihaknya akan memberikan bantuan alsistan dan beberapa benih padi dan jagung serta pupuk.

“Kita akan menfasilitasi dalam penguatan kelembagaan kelompok tani yang ada di Bondowoso,agar pertanian kita mempunyai referensi produksi dengan kwalitas tinggi yang tentunya akan menaikan nilai jual tinggi,karena mayoritas masyarakat Bondowoso bergantung dengan pertanian” tambah Bupati.

Geltek Pertanian Tahun 2019 ini dihadiri oleh semua OPD, perwakilan Polres Bondowoso, Kodim 0822 Bondowoso, Camat, perwakilan Dinas Pertanian dari Kabupaten Situbondo, Banyuwangi, Jember dan Lumajang. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here