Gempa 4,5 SR Guncang Wilayah Sukabumi

red: rudy

ilustrasi

SUKABUMI, Limadetik.com – Peristiwa gempa bumi kembali mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya pada Rabu (11/10) malam. Dampaknya sebagian warga terkejut karena getaran gempa cukup kuat terasa.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi dengan kekuatan 4,5 skala richter ini terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 23.30 WIB. Lokasi gempa berada pada titik 7.4 LS 106.63 BT dengan kedalaman 50 kilometer. Pusat gempa berada di darat 62 kilometer barat daya Kota Sukabumi.

Gempa bumi juga dirasakan di wilayah Sukabumi lainnya seperti Palabuhanratu, Parungkuda, dan Cikembar. “Getarannya cukup kuat karena sejumlah barang di rumah bergoyang,” ujar salah seorang warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kurnia (32 tahun).

Selepas gempa, Kurnia mengaku sempat ke luar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan. Beruntung, lanjut dia, gempa ini berlangsung sebentar dan tidak menimbulkan kerusakan pada rumah.

Hal senada dirasakan warga lainnya di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi Handi (30). “Gempa cukup keras terasa tapi hanya sebentar,” ungkap dia.

Kejadian gempa ini menambah laporan peristiwa gempa yang terjadi di sepanjang 2017 ini. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, peristiwa gempa dari Januari hingga Agustus 2017 lalu yang berpusat di Sukabumi mencapai 15 kali kejadian. Sebelumnya, pada 2016 lalu kejadian gempa bumi sepanjang tahun hanya tiga kali. (*)

Leave a Reply