Indonesia dan Singapura Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Digital dan Pariwisata

Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsein Loong.

SINGAPURA, Limadetik.com – Indonesia dan Singapura sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi digital dan pariwisata. Potensi kedua negara akan dimaksimalkan pada kedua bidang ini.

“Kerja sama ekonomi digital bukan lagi merupakan opsi, tapi sebuah keniscayaan. Ini akan menjadi prioritas bagi Indonesia dan Singapura,” ucap Jokowi dalam pernyataan pers bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsein Loong di The Istana, Singapura, Kamis, 8 September 2017.

Jokowi yakin kerja sama ini akan membawa ekonomi Indonesia dan Singapura melompat jauh. Tentu dengan tata kelola potensi investasi, teknologi, talenta, dan pasar yang besar dari kedua negara.

“Bukan hanya melangkah maju, tapi melompat maju,” ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan potensi itu ada pada Batam. Batam dinilai menjadi tempat ideal untuk mengembangkan kerja sama ekonomi digital kedua negara.

Misalnya, pengembangan digital park cluster di Nongsa Batam, pembangunan start-up incubator, program training for trainersbaik untuk pekerja IT maupun para dosen.

Di sisi lain, kata Jokowi, potensi wisata Indonesia juga sangat menggiurkan. Indonesia punya destinasi wisata lengkap, mulai wisata sejarah, budaya, alam, kuliner, dan belanja.

“Destinasi baru terus dikembangkan termasuk ‘Ten New Bali’,” tutur Jokowi.

Potensi wisata ini juga akan terus dikembangkan kedua negara. Bisa melalui pengembangan destinasi wisata bersama, kerja sama pengoperasian wisata kapal pesiar, pembangunan dermaga kapal pesiar, peningkatan investasi infrastruktur pariwisata, serta kerja sama pengembangan Meeting, Incentives, Conferences and Exhibitions (lp/rd).

Leave a Reply