https://limadetik.com/

Ini 5 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya

Ini 5 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya
FOTO : Buah Manggis

“Kulit manggis menjadi obat herbal yang cukup populer dan banyak diminati. Kandungan tinggi antioksidan di dalamnya bukan hanya menunjang kekebalan tubuh saja, tetapi juga mengatasi gangguan kesehatan lainnya.”

Limadetik.com – Jakarta – Buah manggis menjadi salah satu buah dengan kandungan antioksidan paling tinggi ketimbang jenis buah lainnya. Namun, bukan hanya buahnya saja, kandungan antioksidan tinggi juga terdapat pada kulitnya. Lantas, apa saja sih manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh?

limadetik branding

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis berasal dari sejumlah bahan aktif di dalamnya. Contohnya seperti xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Xanthone sendiri merupakan senyawa aktif yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Sejumlah senyawa aktif tersebut dapat membantu tubuh dalam menunjang kesehatan, sekaligus mengatasi sejumlah gangguan, seperti:

Baca Juga :  Askab PSSI Sumenep Beri Kepercayaan Supporter Kelola Pendapatan Perssu

1. Menurunkan Kadar LDL
LDL adalah kolesterol jahat yang berperan dalam memicu gangguan kesehatan pada tubuh. Saat kadarnya rendah, kamu akan terhindari dari risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya.

2. Menunjang Kekebalan Tubuh
Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah menunjang kekebalan tubuh. Manfaat yang satu ini terjadi karena kandungan dalam kulit manggis dapat membantu mengatasi gejala peradangan, sehingga daya tahan tubuh pun meningkat.

3. Mencegah Pertumbuhan Kanker
Manfaat kulit manggis ini didapatkan dari kandungan xanthone di dalamnya. Selain mencegah, senyawa aktif tersebut juga dapat menekan pertumbuhan sel abnormal kanker menjadi lebih ganas.

4. Mengatasi Peradangan Akibat Penyakit
Manfaat xanthone juga ampuh dalam mengatasi peradangan yang dipicu oleh radang sendi. Penyakit ini dapat menghambat aktivitas harian yang dilakukan karena sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan.

Baca Juga :  Satu Tahun Achmad Fauzi

5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat kulit manggis yang terakhir adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika gula darah sudah terkontrol, kamu akan terhindar dari sejumlah penyakit seperti penyakit kardiovaskular, gangguan seksual, dan penurunan fungsi kognitif.

Cara Tepat Mengonsumsi Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis akan terasa jika kamu mengonsumsi dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mengolah kulit manggis agar bisa dikonsumsi:

1. Bersihkan terlebih dulu. Sebelum diolah, kamu harus membersihkan kulitnya terlebih dulu dengan mencuci menggunakan air yang mengalir.
2. Potong kulit menjadi bagian kecil. Setelah dicuci bersih, potong kulit menjadi bagian kecil. Tujuannya agar kulit mudah diolah.
3. Kukus kulit manggis. Selanjutnya dikukus selama 3-5 menit saja. Tujuannya agar getah di kulit benar-benar hilang.
4. Haluskan kulit manggis. Setelah dikukus, kamu bisa menghaluskan per 100 gram kulit manggis yang sudah dicampur dengan 800 mililiter air dengan blender.
5. Rebus hingga matang. Langkah terakhir adalah merebus hingga matang. Jika dirasa terlalu pahit, kamu bisa menambahkan sedikit gula.

Baca Juga :  "Mobil Sekda"

Penambahan gula tidak disarankan pada pengidap kondisi medis tertentu seperti diabetes. Jika ingin menambahkan gula, kamu bisa memilih gula yang lebih sehat, seperti gula kelapa dan sugar brown.

Bagi pengidap gangguan kesehatan tertentu yang ingin mengonsumsi minuman herbal ini, diskusikan dengan dokter terlebih dulu agar tidak menimbulkan efek samping pada tubuh.

(sumber www.halodoc.com)

Tinggalkan Balasan